GALAXY Manfaatkan Gaya Kepemimpinan Zaman Now
13 September 2018

Banyak para generasi milenial yang merasa tak bahagia di tempatnya kerjanya dan berusaha berpindah-pindah untuk mencari kenyamanan saat bekerja. Hal paling mendasar yang menjadi pertimbangan para milenial untuk bertahan di sebuah perusahaan adalah suasana kerja yang menyenangkan, waktu yang fleksibel, dan pemimpin yang sekaligus mampu menjadi seorang mentor. 

Mungkin saat ini sebagian besar perusahaan tidak melek terhadap hal tersebut, yang akhirnya membuat perusahan berkali-kali melakukan perekrutan. Namun, berbeda dengan GALAXY sebagai perusahaan konsultan properti yang terus melakukan pembaruan sesuai perkembangan jaman. Salah satunya menerapkan gaya kepemimpinan milenial untuk para generasi milenial. Seperti apa itu?

DIGITAL MINDSET

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan smartphone, maka akses komunikasi antar individu pun sudah tidak bersekat lagi. Ruang pertemuan fisik beralih ke ruang pertemuan digital. Saat ini pun sudah menjadi kewajaran jika seseorang memiliki lebih dari 1 (satu) group di aplikasi WA ataupun Telegram mereka. Seperti para leaders di GALAXY yang kini telah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menghadirkan proses kerja yang efisien dan efektif di lingkungan kerjanya. Misalnya dengan mengadakan rapat via WA, mengganti surat undangan tertulis dengan undangan via email ataupun Telegram, dan membagi product knowledge ke sesama marketing via WA.

Upaya seorang leaders dalam mendigitalisasi pekerjaan di zaman milenial ini dianggap sangat adaptif baik oleh timnya sendiri maupun kliennya. Seperti yang dilansir oleh DDI (Development Dimensions International) dalam penelitiannya di tahun 2016, mayoritas para milenial menyukai sebuah perusahaan yang fleksibel terhadap jam kerja dan tempat mereka bekerja. Hal ini tentu saja disebabkan karena kecanggihan teknologi yang membuat orang bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Dapat disaksikan bahwa hari ini banyak sekali coffeeshop yang berfungsi sebagai co-working space bertebaran di tempat kita dan sebagian besar pengunjungnya adalah millenials.

OBSERVER & ACTIVE LISTENER

Para leaders GALAXY memiliki prinsip untuk bisa menjadi observer dan pendengar aktif bagi anggota timnya. Apalagi jika mayoritas timnya adalah kaum milenial. Hal ini dikarenakan kaum milenial tumbuh beriringan dengan hadirnya media sosial yang membuat mereka kecanduan untuk diperhatikan. Mereka akan sangat menghargai dan termotivasi jika diberikan kesempatan untuk berbicara, berekspresi, dan diakomodasi ide-idenya oleh perusahaan. Mereka haus akan ilmu pengetahuan, pengembangan diri dan menyukai untuk berbagi pengalaman.

AGILE

Pemimpin yang dimiliki GALAXY bisa disebut sebagai pemimpin agile, yang dapat digambarkan sebagai pemimpin yang cerdas melihat peluang, cepat dalam beradaptasi, dan lincah dalam memfasilitasi perubahan. Seperti yang disampaikan oleh motivator Jamil Azzaini, pemimpin yang agile adalah pemimpin yang open minded dan mampu mengajak organisasinya untuk dengan cepat mengakomodasi perubahan. 

INCLUSIVE

Salah satu gaya memimpin yang diterapkan di GALAXY, yaitu memimpin dengan cara inclusive. Pemimpin disini tidak lagi bertindak sebagai bos melainkan leader, mentor, dan sahabat bagi anggota timnya. Seperti hasil penelitian oleh Development Dimensions International yang menyampaikan bahwa generasi milenial menyukai perusahaan yang memberikan frekuensi lebih banyak untuk mendapatkan mentoring dan training dari para manajer di atasnya atau para expert.

Gaya kepemimpinan ini bertujuan agar dapat menghargai setiap pemikiran dan cara pandang  yang berbeda dan menggunakannya untuk mencapai tujuan organisasi dan hasil yang terbaik

BRAVE TO BE DIFFERENT

GALAXY menerapkan gaya memimpin yang Brave to be Different,  yang berarti para pemimpin GALAXY berani berbeda baik dari cara berpikir, kebijakan, maupun cara penampilannya. Tentu terlihat berbedanya bertujuan untuk kebaikan tim dan perusahaan. Sesuatu yang berbeda tersebut justru memberikan semangat bekerja para tim dan menekankan kepada tim bahwa setipa orang memiliki keunikannya masing-masing dan diberdayagunakan untuk kepentingan organisasi juga salah satu tugas dari pemimpin

UNBEATABLE

Mindset pantang menyerah inilah yang dimiliki oleh semua leaders di GALAXY. Memiliki sikap positive thinking, semangat yang tinggi, dan kemampuan bangkit dari kegagalan dengan cepat untuk menggapai tujuan baik untuk tim dan perusahaan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali marketing yang telah berhasil sukses setelah bergabung di GALAXY dan GALAXY diakui sebagai konsultan properti yang mampu mencetak DNA marketing sukses.


Latest News