Jenis tipe rumah yang umumnya ada di Indonesia bervariasi, mulai dari tipe 21 sampai tipe 70. Mungkin kamu bingung apa saja yang membedakan satu tipe dengan tipe lainnya. Nah, sebelumnya pahami bahwa dalam memilih tipe rumah memang sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Jika hanya sekedar investasi maka tipe rumah kecil bisa dipilih karena biasanya lebih mudah dijual kembali. Jika rumah dibeli memang untuk dihuni bersama keluarga, kamu harus memikirkan pengembangan dari rumah apakah kelak bisa direnovasi misal dengan penambahan lantai atau ruangan apabila anggota keluarga semakin bertambah. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari 5 tipe rumah terpopuler di Indonesia.

Tipe Rumah 21 / 24. Merupakan tipe rumah terkecil yang umumnya dibangun oleh Developer. Dibangun diatas tanah dengan ukuran 3x7 atau 4x6 meter. Rumah sederhana ini hanya terdiri dari satu kamar tidur dan kadang ada dapur kecil di halaman belakang.

Tipe Rumah 36. Tipe rumah selanjutnya merupakan tipe yang paling banyak dibangun oleh Developer. Biasanya memiliki luasan tanah 6x6 meter persegi. Ada dua kamar tidur sehingga sangat pas untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah.

Tipe Rumah 45. Salah satu alternatif pengganti untuk tipe 36. Meskipun sama-sama memiliki 2 kamar tidur, namun tipe ini juga banyak disukai karena sedikit lebih lega. Biasanya berdiri di atas kavling berukukan 6x11 meter dengan luas bangunan 6x7 meter. Ada halaman yang tersisa dibandingkan tipe 36. Tipe semacam ini bisa dijadikan pilihan investasi seperti disewakan tahunan.

Tipe Rumah 54. Ukuran rumah tipe ini dianggap paling proporsional khususnya untuk masyarakat menengah hingga menengah ke atas. Dengan luas bangunan 9x6 meter dan terdiri dari 3 kamar tidur memiliki luasan kamar yang lebih lega. Cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih besar.

Tipe Rumah 60. Luas bangunan tipe ini mencapai 60 meter persegi, dengan 3 kamar tidur kadang ada 1 tambahan kamar untuk asisten rumah tangga. Dengan dimensi bangunan 6x10 meter persegi, tipe ini biasanya dibangun menjadi 2 lantai.

Selain 5 tipe diatas, sejumlah developer juga membangun tipe yang lebih besar seperti tipe 70 sampai 120 yang memang diperuntukkan bagi kaum menengah atas dengan jumlah anggota relatif cukup banyak. Rumah bertipe besar ini memang memungkinkan pengembang dan pemilik untuk mengeksplorasi desain rumah dengan berbagai gaya arsitektur rumah.

Bagi kamu yang sedang mencari rumah idaman dengan pilihan tipe tertentu segera hubungi Property Consultant GALAXY untuk informasi lebih lengkap, atau datang langsung ke kantor Galaxy terdekat.

Article Terbaru

Harga Tanah di Ibu Kota Baru Terus Naik

Last updated January 28, 2022

Jangan Salah Hitung Row

Last updated January 25, 2022

Jangan Salah Pilih Developer Bodong

Last updated January 24, 2022

Rumah Juga Perlu Asuransi, Ketahui Manfaatnya !

Last updated January 21, 2022