Generasi milenial dan generasi Z sering dibilang tidak mampu membeli rumah pertama karena dianggap belum memikirkan pentingnya investasi di sektor properti. Biaya hidup yang cukup besar dianggap tidak seimbang dengan penghasilan perbulan membuat mereka sulit membeli rumah semnetara harga rumah terus naik setiap tahunnya. Pengeluaran akan hobi dan gaya hidup generasi sekarang juga menjadi sorotan, terlebih anggapan bahwa menikmati hidup dan travelling harus dari usia muda. Lalu apakah bisa membeli rumah sebelum umur 30 ?Jawabannya tentu saja bisa, asalkan kamu melakukan hal-hal berikut ini :

Ajukan KPR selagi muda. Salah satu cara punya rumah adalah dengan menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Solusi ini paling banyak dipilih karena mengumpulkan dana ratusan juta tidaklah mudah untuk mereka yang bekerja baru 4-5 tahun. Bila memilih opsi beli cash pun kamu harus perhitungkan ulang pengeluaran yang harus dikurangi agar bisa mengumpulkan dana untuk beli rumah. Dengan usia yang relatif muda misal saat berusia 26 tahun mengajukan KPR adalah usia yang tepat. Pihak bank sendiri pastilah enggan meloloskan KPR ketika yang mengajukan berusia lebih dari 40 tahun. Ketika Anda berusia masih dibawah 30 itu berarti Anda masih di usia produktif ketika tenor KPR 20 tahun belum memasuki usia pensiun.

Menabunglah dengan disiplin. Jika mulai sekarang menabung 30% dari penghasilan per bulan secara disiplin sejak pertama bekerja (diusia 24 tahun) maka pada usia 25 bisa membeli rumah dengan DP (uang muka). Untuk sisa pembayaran dapat mengajukan KPR, bisa dengan tenor 15 atau 20 tahun. Kamu juga harus ingat bahwa pihak bank menerapkan rasio kredit 30%, dimana untuk yang mengajukan kredit maka 30% dari penghasilan adalah batas aman yang harus dipenuhi.

Kurangi Gaya Hidup Boros. Menghemat sejumlah pengeluaran yang tidak penting bisa dilakukan agar bisa memiliki rumah. Bayangkan dana untuk jajan di resto atau belanja online setiap bulan yang harus dikeluarkan. Jika setiap bulan ada dana yang dihemat mencapai Rp 700 ribu, maka kamu bisa memasukan dana tersebut kedalam tabungan rutin. Atau bisa dimanfaatkan untuk investasi bisa berupa emas, deposito atau reksadana.

Menunda membeli rumah akan memperberat, karena dana yang perlu dikumpulkan semakin besar. Di usia produktif seperti sekarang inilah menjadi saat yang terbaik untuk menabung dan membeli rumah. Harga rumah yang setiap tahunnya meningkat itu berarti nilai investasi rumah pun meningkat. Jika suatu saat kamu ingin menjualnya pasti akan mendapatkan keuntungan.

Cari tahu rumah atau hunian pertama seperti apa yang diinginkan cukup dengan mengunjungi website www.galaxyproperty.co.id. Apabila sudah siap untuk membeli segera hubungi Property Consultant Galaxy atau datang langsung kantor Galaxy terdekat untuk informasi selengkapnya.

Article Terbaru

Sejumlah Alasan Pilih Perumahan One Gate System

Last updated October 22, 2021

Jual Beli Sewa Properti Lebih Mudah Dengan Galaxy App

Last updated October 18, 2021

Lolos KPR, Dapatkan Rumah Impianmu

Last updated October 18, 2021

Arah Hadap Rumah Harus Secerah Masa Depanmu

Last updated October 13, 2021