Membeli rumah tidak harus yang baru apalagi buat kamu yang memang niatnya membeli untuk investasi, bisa mencoba salah satu alternatif yakni dengan membeli rumah yang dilelang. Rumah lelang ini biasanya dijual oleh pihak Bank dan merupakan hasil sitaan karena pemilik tidak mampu melakukan pembayaran. Proses penjualan rumah lelang ini lewat sistem penawaran tertinggi, dijual secara lebih murah, bahkan bisa 10% lebih murah dibandingkan rumah baru. Kamu bisa mengikuti lelang rumah pemerintah pusat pada halaman www.lelang.go.id atau melalui Balai Lelang Swasta. Jika melalui pemerintah nantinya diproses melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) , dan melalui bank terkait. Berkat kemajuan teknologi sekarang ini, proses lelang dapat kamu lakukan secara online.

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu soal lelang ini di media sosial, atau website dari bank. Pelajari ketentuannya, karena setiap bank berbeda-beda dalam aturan lelang. Pastikan dokumen dari rumah yang dilelang ini lengkap. Bank yang menggelar lelang biasanya mengisyaratkan jaminan berupa uang sekitar 20-50% dari nilai lelang. Tak perlu khawatir jika kamu tidak memenangkan lelang, karena uang jaminan tadi akan dikembalikan dengan utuh. Jika menang lelang, maka batas penyelesaian pembayaran maksimal 5 hari. Selain itu siapkan dana untuk membayar pajak penghasilan, BPHTB, bea balik nama, dan biaya untuk notaris. Dokumen atau berkas-berkas boleh sudah siap, namun jangan lupa untuk memeriksa fasilitas umum dan fasilitas sosial di sekitar rumah yang akan dilelang. Karena semakin lengkap fasilitasnya maka harga rumah itu nantinya akan terus naik, dan ini menjadi capital gain dari investasi propertimu.

Dalam membeli rumah lelang ini memang ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya selain harga yang lebih murah yaitu kamu bisa ikut lelang sesuai dengan budget dan tidak butuh banyak waktu. Namun disisi lain, uang jaminan paling tidak 50% harus disiapkan, rumah juga butuh perbaikan-perbaikan. Belum lagi soal pelunasan yang harus diselesaikan dalam waktu 5 hari setelah kamu memenangkan lelang. Property Consultant GALAXY juga dapat membantu mempermudah usahamu untuk mencari rumah baru atau seken (dalam kondisi lelang atau tidak). Segera hubungi 081 233 718 719 atau hubungi kantor GALAXY terdekat.

Article Terbaru

Harga Tanah di Ibu Kota Baru Terus Naik

Last updated January 28, 2022

Jangan Salah Hitung Row

Last updated January 25, 2022

Jangan Salah Pilih Developer Bodong

Last updated January 24, 2022

Rumah Juga Perlu Asuransi, Ketahui Manfaatnya !

Last updated January 21, 2022