Biaya hidup yang cukup besar dan tidak seimbang dengan penghasilan perbulan membuat generasi Z dianggap sulit membeli rumah, sementara harga rumah naik terus setiap tahun. Gaya hidup generasi sekarang yang cukup besar menjadi sorotan, begitu juga dengan pengeluaran mereka. Adanya anggapan soal menikmati hidup dan travelling harus dari usia muda. Lalu apakah mungkin membeli rumah sebelum umur 30 Jawabannya tentu saja bisa, asal kamu melakukan hal-hal berikut ini :

Menabunglah dengan disiplin. Ingatlah bahwa pihak Bank menerapkan rasio kredit 30%, itu artinya saat kamu mengajukan kredit maka 30% dari penghasilan adalah batas aman yang harus dipenuhi. Kamu bisa menabung dari sekarang. Pertama menabung 30% penghasilan pe bulan secara disiplin, jika sekarang usiamu 24 tahun dan mulai menabung untuk DP rumah 2-3 tahun kedepan melalui KPR berarti di usia sebelum 30 tahun kamu sudah memiliki rumah.

Mengajukan KPR Sedini Mungkin. Kumpulkan dana ratusan juta tidaklah mudah kalau memilih opsi cash pun kamu harus benar-benar memperhitungkan ulang pengeluaran yang harus dikurangi agar bisa mengumpulkan dana untuk beli rumah. Dengan usia yang relatif muda dibawah 30 tahun misal ketika masih berusia 26 tahun mengajukan KPR adalah usia yang tepat. Pihak bank sendiri pastilah enggan meloloskan KPR ketika yang mengajukan berusia lebih dari 40 tahun. Ketika kamu berusia masih dibawah 30 itu berarti masih di usia produktif ketika tenor KPR 20 tahun, kamu belum memasuki usia pensiun.

Jangan Boros. Menghemat pengeluaran yang tidak penting bisa dilakukan kalau ingin punya rumah diusia muda. Kurangi jajan diluar, kurangi nongkrong di cafe/resto, manfaatkan gajimu untuk investasi emas, deposito atau reksadana. Sehingga saat tiba waktunya membeli rumah misal secara KPR kamu bisa ambil dari dana tabungan tadi untuk DP rumah.

Harus dipahami bahwa menunda membeli rumah hanya memperberat dana yang perlu dikumpulkan. Di usia produktif inilah saat yang terbaik untuk menabung dan membeli rumah. Harga rumah yang setiap tahunnya meningkat itu berarti nilai investasi rumah pun meningkat. Jika suatu saat kamu ingin menjualnya pasti akan mendapatkan keuntungan.

Cari tahu rumah atau hunian pertama seperti apa yang kamu inginkan, jangan lupa klik https://galaxyproperty.co.id/projects. Apabila sudah siap untuk membeli segera hubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat untuk informasi selengkapnya.

Article Terbaru

Pandemi Surut, Investasi Properti di Jabodetabek Tetap Bersinar

Last updated June 24, 2022

Hati-Hati Sertifikat Palsu, Ini Cara Ceknya !

Last updated June 22, 2022

Mau Beli Rumah Cek Dulu Fasumnya

Last updated June 21, 2022

Mau Work From Anywhere? Jadi Property Consultant Galaxy Aja

Last updated June 15, 2022