Investasi Properti di kawasan TOD atau Transit Oriented Development sangatlah berpeluang mendatangkan keuntungan buat kamu. TOD adalah kawasan yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal seperti BRT (Bus Rapid Transit), MRT (Mass Rapid Transit), dan LRT (Light Rail Transit/Kereta Api). Kawasan dengan konsep TOD memiliki banyak fungsi didalamnya mulai kawasan bisnis, perkantoran dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial dan kesemuanya itu tersambung dengan transportasi umum.

Aktivitas ataupun kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan di kawasan TOD tanpa perlu ke kawasan lain, karena memang konsep TOD adalah mengurangi jumlah perjalanan dan mobilitas kendaraan pribadi. Kamu tidak perlu lagi membuang waktu di jalan karena transportasi massal membantu perjalanan lebih singkat. Waktumu tidak akan terbuang apalagi waktu dengan keluarga, produktivitasmu juga akan semakin meningkat karena waktu untuk beristirahat dan rutinitas semakin banyak.

Pada kawasan TOD tersedia pula jalur untuk pejalan kaki dan pesepeda. Indikator dari keberhasilan konsep TOD adalah berkurangnya jumlah kendaraan yang parkir di fasilitas publik serta lalu lintas yang makin lancar. Secara anggaran kamu bisa lebih berhemat karena biaya transportasi pastilah berkurang mulai dari uang bensin sampai ongkos transportasi. Mobilitas semakin mudah, waktu yang ditempuh akan menjadi semakin singkat dan lebih efisien dalam jarak. Tingkat stress juga akan berkurang karena area komersil dan fasilitas umum sudah terintegrasi sehingga memudahkan penghuninya beraktivitas setiap hari. Penggunaan kendaraan pribadi yang makin berkurang tentu akan membuat gas emisi kendaraan juga berkurang, dengan demikian kualitas udara akan semakin baik.

Hunian yang dekat dengan sarana transportasi seperti MRT atau LRT akan terus meningkat harganya, biasanya kenaikan sekitar 15-20%. Konsep TOD ini menjadi solusi untuk masalah di kota-kota besar termasuk masalah kemacetan. Dengan adanya sistem TOD ini pola pergerakan masyarakat menjadi lebih baik karena aktivitas masyarakat akan terkonsentrasi pada jalur angkutan massal yang dibangun oleh pemerintah. Diharapkan juga akan semakin banyak lahan-lahan kota yang bisa dijadikan ruang terbuka publik dan ruang terbuka hijau untuk media interaksi sosial masyarakat di kota besar tersebut.

Kalau kamu ingin berinvestasi di kawasan TOD semacam ini segera hubungi Property Consultant Galaxy atau hubungi kantor Galaxy terdekat.

Article Terbaru

Harga Tanah di Ibu Kota Baru Terus Naik

Last updated January 28, 2022

Jangan Salah Hitung Row

Last updated January 25, 2022

Jangan Salah Pilih Developer Bodong

Last updated January 24, 2022

Rumah Juga Perlu Asuransi, Ketahui Manfaatnya !

Last updated January 21, 2022