Pembangunan gedung perkantoran di kota-kota besar Indonesia masih terus dilakukan walaupun dalam kondisi pandemi. Bahkan di tahun 2022 nanti pasokan gedung perkantoran di Ibu Kota Jakarta meningkat mencapai 435.000 meter persegi, seperti yang dikutip dari kompas.com

Demikian pula untuk kota Surabaya, pergerakan pasokan perkantoran masih terus menggeliat terutama di pusat kota dan surabaya barat dimana konsumen menginginkan area perkantoran yang sehat dan nyaman. Respon positif di kawasan CBD Surabaya barat juga tidak dapat dilepaskan dari perkembangan kawasan ini yang sangat pesat mulai dari munculnya banyak perumahan, pusat perbelanjaan, infrastruktur jalan dan transportasi yang baik.

Meskipun sejumlah tantangan dihadapi oleh pemilik ruang perkantoran karena kondisi oversupply dan tren WFH (work from home) yang masih terus berlanjut namun bisnis menyewakan areal perkantoran masih cukup baik ke depan. Para pengamat terus memberikan optimisme tentang pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 5% dan membuat situasi perekonomian akan mencapai titik keseimbangan yang baru.

Bagi para investor properti yang terjun di segmen perkantoran tentunya investasi ini masing tergolong menguntungkan karena keuntungan sekitar 5-9%. Kamu bisa memilih office building yang berada di kawasan strategis. Walaupun masih pandemi peluang ini masih terbuka, karena banyak perusahaan yang membutuhkan virtual office. Dan kamu juga bisa menyewakan kantor tersebut dengan konsep co-working space, atau membuat sejumlah ruangan kecil didalamnya yang bisa digunakan untuk memandu meeting virtual atau training online. Semacam studio kecil untuk memfasilitasi kebutuhan akan pertemuan yang sekarang ini serba online.

Lokasi yang strategis yang berada di pusat bisnis, juga akan memudahkan kamu untuk membangun networking dan memasarkan produk. Pertimbangkan pula apakah kantor tersebut dekat dengan sarana penunjang seperti ATM, food court, klinik kesehatan, dll. Yang harus diperhatikan pula apakah gedung kantor yang dipilih memiiki fasilitas yang memadai? Karena jaman sekarang ketika karyawan yang berkantor di gedung mengalami kejenuhan mereka bisa ke lokasi yang lebih santai untuk cari hiburan seperti mall atau cafe yang tidak terlalu jauh dari kantor. Sebuah gedung perkantoran sebaiknya juga memiliki building management yang profesional, yang akan mempermudah urusan kebersihan, maintanance fasilitas, keamanan, parkir, dan sebagainya.

Article Terbaru

Percayai Mitos 4 dan 13 dalam Properti, It's Up to You !

Last updated August 11, 2022

Apartemen Solusi Hunian Masyarakat Urban

Last updated August 10, 2022

Mau Beli Rumah Tapi Selalu Ragu ?

Last updated August 08, 2022

Tidak Bisa Beli Rumah? Kamu Masih Bisa Sewa

Last updated July 15, 2022