Investasi memang menjanjikan keuntungan, namun sebagai investor kamupun harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan investasi yang dipilih. Tanah kavling biasanya memiliki lokasi tanah yang dapat dipetak-petakan dengan rapih sesuai ukuran dan standar tertentu. Biasanya semakin strategis tanah kavling, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Ada beberapa hal yang harus kamu periksa jika berinvestasi di tanah kavling, yakni urusan legalitas. Pastikan tanah yang dibeli tersebut free, clean, dan clear.

Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik tertera di sertifikat tanah. Kamu pasti ingat kasus Nirina Zubir dan mafia tanah, jadi jangan sampai tanah yang kamu beli ternyata sertifikatnya aspal karena terkena kasus pemalsuan sertifikat tanah berkedok transaksi. Clean, artinya tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi atau ditempati oleh orang lain yang tidak berhak. Clear, artinya ukuran tanah sudah tepat seperti yang tertera di sertifikat.

Saat hendak berinvestasi tanah kavling sebaiknya pahami juga plus minusnya. Keuntungan berinvestasi di tanah kavling adalah sbb:

  1. Capital Gain. Harga tanah senantiasa mengalami kenaikan, persentasenya bisa mencapai 20-25% tiap tahun atau dua kali lipat setelah 5 tahun kedepan. Nilai plus inilah yang menjadikan investasi tanah cocok bagi pemula yang baru terjun berinvestasi.
  2. Dari sisi biaya, perawatan tanah kosong relatif tidak memerlukan biaya besar dan tidak menyulitkan.
  3. Memiliki Added value. Saat ini kita banyak menjumpai pengembangan perumahan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Jika lokasi strategis, bisa juga lokasi kavling tersebut dibangun menjadi Ruko.
  4. Persediaan tanah tidak akan bertumbuh dan berkembang, sedangkan permintaan rumah tinggal akan selalu bertumbuh seiring pertumbuhan penduduk. Itu artinya permintaan terhadap tanah semakin tinggi, sehingga dari sisi harga pasti mengalami kenaikan.
  5. Sambil menunggu masa lima tahun hingga harga tanah naik dua kali lipat, maka Anda dapat memanfaatkan lahan untuk berbisnis tambahan mulai berkebun sayur, lahan parkir atau taman untuk acara pernikahan.

Dari sisi kekurangan kamu juga harus sadari investasi tanah kavling ini minim income. Karena lahan yang kosong umumnya tidak menghasilkan income, hal ini berbeda dengan investasi rumah atau ruko yang memang dapat segera disewakan. Selain itu sifat likuid kecil, artinya investasi tanah sulit untuk segera dicairkan kedalam bentuk uang dalam waktu singkat. Jika lahan yang dimiliki tidak dipergunakan secara produktif, tanahnya akan memberikan beban seperti pajak, biaya penjagaan dan perawatan. Selain itu lahan kosong rawan disalahgunakan pihak lain (dicaplok) kalau tidak diberi patok yang jelas.

Biar keinginan investasi di tanah kavlingmu bisa menghasilkan, sebaiknya gunakan jasa property consultant Galaxy untuk mengetahui lokasi tanah mana yang strategis, dan dari sisi legalitas juga terjamin. Karena seorang Property Consultant Galaxy senantiasa membantu melakukan pemeriksaan atas legalitas tanah yang dijual. Segera hubungi kantor Galaxy terdekat untuk info lebih lanjut

Article Terbaru

Harga Tanah di Ibu Kota Baru Terus Naik

Last updated January 28, 2022

Jangan Salah Hitung Row

Last updated January 25, 2022

Jangan Salah Pilih Developer Bodong

Last updated January 24, 2022

Rumah Juga Perlu Asuransi, Ketahui Manfaatnya !

Last updated January 21, 2022