Kamu pasti sering membaca sejumlah kasus ketika konsumen membeli rumah ternyata segala fasilitas bahkan sertifikat tidak sesuai janji di awal. Bisa jadi ketika awal-awal hendak membeli, konsumen begitu tergiur dengan penawaran dan promosi yang menarik dari developer. Reputasi developer saat akan membeli rumah memang harus ditelusuri dengan baik. Hati tenang saat tahu developer yang dipilih memang kredibel dan berkualitas. Riset akan profil developer ini menjadi hal penting, cek proyek apa saja yang pernah dikerjakan, apakah mereka menyelesaikan pembangunan tepat waktu, apakah proyek yang lalu sudah serah terima sertifikat, dan lain sebagainya. Tanyakan juga pada dirimu, reputasi seperti bagaimana yang bisa membuat hatimu tenang dan percaya ?

Cek visi developer. Developer yang baik tentunya punya visi yang jelas. Mereka sudah mempunyai rencana akan seperti apa proyek perumahan kedepan sehingga akan membangun dengan konsep yang detail. Ada sejumlah developer yang juga memikirkan konsep perumahannya lebih mendalam seperti menyediakan area komersial dan pusat bisnis di areal perumahan yang dibangun. Hal ini tentu akan semakin memberi keuntungan untuk penghuninya karena nilai properti di lokasi tersebut pasti kedepannya akan semakin tinggi.

Kapan proyek perumahan akan selesai. Sebagai konsumen, kamu berhak tahu proyek pembangunan akan selesai pada bulan dan tahun berapa. Perusahaan pengembang yang kredibel pastilah memiliki tanggal kalender konstruksi yang jelas. Mereka juga sudah memperhitungkan dana yang harus disiapkan untuk menyelesaikan proyek dalam beberapa tahun kedepan.

Cek proyek yang pernah diselesaikan. Untuk mengetahui developer sudah menyelesaikan proyek apa saja kamu bisa mendapatkannya dari review orang lain, bisa mengecek website developer. Kamu juga bisa riset setiap proyek yang ada di website dengan membandingkannya ke berbagai sumber termasuk opini pemilik rumah melalui sosial media atau pemberitaan di sejumlah media massa.

Cek dokumen perizinan. Konsumen dapat meminta dokumen perizinan kepada developer minimal bisa menunjukkan bahwa perusahaannya memiliki IMB. Developer biasanya memasarkan rumah setelah sejumlah izin yang dikantonginya terbit semua. Namun ada juga pengembang yang sudah memasarkan rumah dengan sistem pra penjualan resmi sebelum pihaknya mengantongi izin resmi. Cara seperti ini lumrah dilakukan karena terkait cash flow pengembangan proyek. Developer yang baik dan kredibel memberikan penawaran skema pembayaran rumah melalui KPR inden bukan melalui KPR in-house. Karena celah penyelewangan dapat terjadi jika uang konsumen langsung masuk ke tangan developer.

Untuk mempermudah meriset profil developer sebelum membeli rumah, kamu bisa memanfaatkan jasa Property Consultant Galaxy untuk menemukan rumah baru dari pihak developer dengan berbagai penawaran promosi yang menarik. Dowload aplikasi Galaxy untuk memudahkan pencarian, atau datang langsung ke kantor Galaxy terdekat.

Article Terbaru

Percayai Mitos 4 dan 13 dalam Properti, It's Up to You !

Last updated August 11, 2022

Apartemen Solusi Hunian Masyarakat Urban

Last updated August 10, 2022

Mau Beli Rumah Tapi Selalu Ragu ?

Last updated August 08, 2022

Tidak Bisa Beli Rumah? Kamu Masih Bisa Sewa

Last updated July 15, 2022