Setiap rumah sudah tak asing dengan keberadaan carpot, entah rumah kecil atau rumah besar. Inovasi terus tercipta untuk mempercantik carport dengan menutup atapnya melalui kanopi. Memang awalnya kanopi berfungsi sebagai penutup area carport sehingga kendaraan di carport tidak terkena panas dan hujan. Namun saat ini penggunaan kanopi juga mengarah tentang keindahan atau sisi aestetik rumah.

Tentunya pilihan kanopi untuk rumah harus disesuaikan dengan konsep rumah dan buget yang kamu miliki. Kamu bisa memilih beberapa jenis kanopi untuk carport di rumah, antara lain:

Kanopi polycarbonate. Rumah minimalis modern di Indonesia banyak yang menggunakan kanopi polycarbonate. Jenis kanopi ini meredam panas sampai 90% yang bisa membuat area dibawahnya sejuk. Bahan ini juga kuat dan fleksibel, sehingga tahan lama. Dengan varian warna bermacam-macam, kamu bisa dengan mudah mencocokannya dengan konsep desain rumah. Untuk pemasangannya juga tidak membutuhkan waktu lama. Harga bahan ini sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000/m2 belum termasuk biaya pemasangan.

Kanopi spandex. Bahan spandek ini adalah campuran antara alumunium 55% dan seng 43% sehingga didapatkan bahan yang kuat, awet tapi ringan. Tidak hanya untuk kanopi, tapi jenis spandex ini juga banyak digunakan untuk atap rumah. Warnanya juga bermacam-macam, begitu juga harganya antara Rp 300.00-Rp 350.000/m2.

Kanopi Kaca. Penggunaan kaca untuk kanopi membuat kesan bersih dan minimalis. Dari sisi harga memang lebih mahal dibandingkan polycarbonate dan spandex, namun kaca menampilkan kemewahan dan tentunya dari sisi maintanance juga lebih mudah. Namun untuk harga memang relatif tinggi, untuk ketebalan 8mm harganya sekitar Rp 1.300.000/m2

Kanopi Gogreen. Bahannya memang dibuat dari baja ringan yang lolos uji kelayakan lingkungan. Kekuatannya juga bagus diatas atap bergelombang lainnya, bahkan diklaim mampu menahan beban sampai 100Kg. Harga material ini di kisaran Rp 230.000 - Rp 370.000/m2.

Article Terbaru

Keuntungan Miliki Rumah Cluster

Last updated May 24, 2022

Investasi Tanah Bikin Rekening Gemuk

Last updated May 13, 2022

5 Langkah Bersihkan Rumah Setelah Mudik

Last updated May 09, 2022

Habis Lebaran Beli Rumah, Siapa Takut ?

Last updated April 28, 2022