Tips Beli Rumah Cash Keras

Image Tips Beli Rumah Cash Keras
September 12, 2022

Membeli rumah adalah mimpi banyak orang yang ingin diwujudkan. Kamu bisa membeli rumah dengan sejumlah cara mulai dari cash keras, cash bertahap, dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Cash keras ini artinya kamu sebagai pembeli membayar ke developer secara langsung tanpa cicilan. Kamu tidak perlu lagi bingung dengan sejumlah biaya saat akan mengajukan KPR ke bank.

Menemukan rumah yang cocok, yang sesuai dengan buget dan segala pertimbangan lainnya memang tidak mudah. Ketemu rumah yang bagus, tapi lokasi kurang sesuai, begitu juga sudah ketemu lokasi dan rumah yang pas tapi harga yang tidak sesuai budget. Yang harus dilakukan memang berpikir jernih dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah apalagi untuk end user yang membeli rumah untuk ditempati sendiri.

Berikut tips membeli rumah cash yang harus kamu pahami. Pertama-tama, pastikan kamu membeli rumah dari developer yang kredibel reputasinya. Bagaimana caranya ? kamu bisa cek proyek-proyek perumahan apa saja yang pernah dikerjakan, apakah ada keterlambatan serah terima unit ke pembeli, bagaimana fasilitas perumahannya, dan sebagainya. Reputasi developer yang baik tentu akan meminimalisir terjadinya resiko yang tidak diinginkan. Tak perlu ragu meminta pengembang menunjukkan SHGB-nya sebelum kamu lakukan pembayaran.

Kedua, pastikan kamu membayar booking fee, karena ini adalah bentuk kesepakatan antara kamu dengan pihak developer untuk melakukan transaksi jual beli properti. Jangan lupa untuk lakukan negosiasi harga agar mendapatkan potongan harga. Dan yang terakhir adalah membuat AJB (Akta Jual Beli). Nah untuk AJB ini lalukanlah dihadapan Notaris untuk pembayaran dengan tunai tadi agar jauh lebih aman, bila perlu gunakan notaris atas pilihanmu sendiri. Pastikan pula sertifikat rumah diserahkan langsung oleh developer, karena sertifikat tidak ada keterkaitannya dengan pihak Bank.

Membeli secara cash juga akan menjadi lebih mudah dan aman jika kamu menggunakan jasa Property Consultant Galaxy. Karena kamu bisa mendapatkan data aktual tentang kondisi properti atau harga pasarnya. Hubungi segera kantor Galaxy terdekat (AT/2022)