APA ITU ASURANSI RUMAH?
18 February 2021

Rumah adalah sebuat aset dan sebagian orang menganggap memiliki rumah adalah pencapaian yang besar dalam hidupnya. Tidaklah heran jika banyak yang menginginkan perawatan dan perlindungan yang terbaik untuk rumah yang dimiliki. Untuk melakukan perlindungan biasanya digunakan asuransi rumah sehingga membantu Anda ketika ada sejumlah risiko kerugian yang datang tiba-tiba. Apabila tidak memiliki asuransi maka segala kerugian yang timbul akibat adanya kejadian tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda. Jika tidak memiliki dana yang cukup tentu akan menjadi masalah baru.

Saat ini semakin tinggi kesadaran masyarakat akan berbagai risiko kerugian dan bencana alam yang bisa muncul tiba-tiba juga mempengaruhi semakin banyaknya asuransi rumah di pasaran. Asuransi rumah ini adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat terjadinya kebakaran, pencurian atau kerusakan yang ditimbulkan bencana alam. Dengan memiliki asuransi, maka segala bentuk risiko kerugian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Itu artinya Anda bisa tetap merasakan kenyamanan karena aset Anda memiliki perlindungan maksimal.

Sementara itu, berdasarkan layanan yang diberikan, asuransi rumah dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni :

  1. Property All risk. Jenis ini adalah asuransi kebakaran yang bersifat unnamed perils. Memberikan jaminan terhadap seluruh risiko yang terjadi pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungjawabkan kecuali risiko yang tertera pada pengecualian yaitu perang, terorisme, nuklir, radioaktif dan lain sebagainya. 
  2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Asuransi ini adalah polis standard yang dikeluarkan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia sebagai bentuk layanan asuransi kebakaran. Manfaat dari produk asuransi properti ini adalah memberikan perlindungan pada harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan secara langsung disebabkan kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat dan asap. 

Jangan pernah menyepelekan masalah asuransi, karena perlindungannya sangat besar dan manfaatnya juga besar untuk Anda. Bukan hanya kerusakan besar saja tetapi mencakup perbaikan kecil lainnya akibat bencana alam juga akan dicover oleh asuransi rumah.

Latest News