APA ITU IMB ?
21 October 2020

Izin Mendirikan Bangunan atau IMB merupakan dokumen yang berisi perizinan yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah setempat kepada pemilik bangunan yang ingin membangun, merobohkan, menambah atau mengurangi luas ataupun merenovasi suatu bangunan. IMB ini memiliki dasar hukum yang diatur dalam pasal 7 dan pasal 8 UU No,28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. IMB ini tentunya sangat penting bagi pemilik karena merupakan perlindungan hukumnya maksimal. Keberadaan IMB bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukkan lahan. Pemilik rumah atau bangunan pun bisa mendapatkan perlindungan hukum dengan demikian ketika bangunan berdiri tidak akan mengganggu atau merugikan kepentingan orang lain. 

Selain itu bangungan yang mengantongi IMB tentu saja memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang tidak memiliki izin IMB. IMB ini juga akan sangat berguna saat Anda mengajukan kredit ke pihak bank. Jika Anda menjaminkan rumah maka rumah yang bisa dijaminkan hanyalah yang memiliki IMB. Saat Anda melakukan transaksi jual beli atau sewa menyewa rumah keberadaan IMB ini sangatlah diperlukan. Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB akan dikenakan denda 10% dari nilai bangunan dan rumah pun bisa dirobohkan. Tak hanya jadi syarat dalam jual beli, IMB juga menjadi syarat mutlak dalam menyewa rumah. IMB ini menjadi syarat wajib Anda mengubah HGB menjadi SHM, dimana rumah yang berstatus HGB memiliki status hukum yang lebih rendah dibandingkan yang sudah memiliki Sertifikat Hak Milik. 

Mengurus IMB saat ini juga cukup mudah, apabila rumah yang hendak dibangun berukuran di bawah 500 meter persegi maka pengurusannya bisa langsung ke kecamatan. Di kantor kecamatan ini bisa langsung menuju loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan lalu mengisi formulir pengajuan pengukuran tanah. Sekitar 1 minggu kemudia akan datang petugas pengukur tanah sekaligus membuat gambar denah rumah Anda. Gambar denah yang sudah berupa blueprint akan dijadikan untuk IMB. Untuk biaya pengurusan IMB terdapat perbedaan tergantung kebijakan di setiap kota, kabupaten dan daerah masing-masing.

Latest News