APA SIH BEDA APARTEMEN DAN KONDOMINIUM??
16 September 2020

Kondominium ini sebenarnya adalah bentuk lain hak guna perumahan. Jika di Indonesia sendiri dikenal hak guna bangunan atas rumah susun. Sementara itu apartemen merupakan tempat tinggal yang modelnya berupa rumah susun. Jadi yang membedakan adalah penekanannya. Istilah apartemen sendiri diambil dari Amerika yang merujuk pada satuan hunian dalam sebuah gedung. Sehingga satu gedung apartemen terdiri dari puluhan atau ratusan unit apartemen. Di negara-negara seperti Inggris dan negara persemakmurannya, apartemen dikenal dengan istilah flat.

Di Indonesia, istilah apartemen digunakan untuk menunjukkan hunian vertikal yang disewakan. Sedangkan kondominium adalah apartemen yang dimiliki masing-masing penghuni. Pemilik kondominium tidak memiliki tanah atap atau jalan sendiri. Pemilik berhak melakukan apapun terhadap unit yang dimiliki. Bisa menjual atau menyewakan unitnya ke pihak lain. Akan tetapi pada perkembangan kini apartemen pun sudah banyak yang memiliki status kepemilikan sehingga terkadang perbedaan antara kondominium dan apartemen tidak begitu besar.

Bentuk bangunan kondominium biasanya dilengkapi dengan dua atau tiga menara saja. Sementara bangunan apartemen berbentuk sejajar dengan menara-menara lainnya. Fasilitas juga berbeda antara apartemen dan kondominium. Kondominium biasanya menyediakan fasilitas mewah, sedangkan apartemen fasilitasnya lebih terbatas. Untuk perabotan, kondominium biasanya sudah dilengkapi dengan perabot atau furniture yang lengkap dengan desain interior yang juga mewah. Sehingga pemilik tidak perlu repot membeli perabotan. Apartemen biasanya dalam keadaan kosong, jika ingin menambah perabot harus bernegosiasi dengan pemilik, perabot apa saja yang hendak dimasukkan ke dalam unit.

Untuk biaya perawatan atau maintanance seperti biaya keamanan, kebersihan, air, listrik dan sebagainya dilakukan terpisah dengan harga beli atau harga sewa. Sementara untuk kondominium tidak demikian. Hampir sama dengan pembiayaan perawatan rumah pribadi, segala bentuk biaya bulanan seperti biaya parkir atau fasilitas yang dimiliki bersama lainnya. Tidak heran jika kondominium memiliki harga jual/harga beli yang jauh lebih mahal.

 

Latest News