APPRAISAL ITU WAJIB DALAM KPR !
11 September 2020

Appraisal adalah wajib jika Anda menempuh jalur KPR untuk mempunyai rumah. Appraisal atau penaksiran, pemberian angka serta penilaian dari hasil penganalisaan terhadap sesuatu yang nyata. Appraisal dilakukan oleh pihak bank dan biasanya menggunakan orang ketiga yang ditunjuk langsung oleh pihak bank. Hal ini berguna untuk mengecek kebenaran data di lapangan saat di crosscheck dengan dokumen pengajuan kredit yang Anda ajukan. Dapat dikatakan proses appraisal adalah proses menaksir kondisi bangunan untuk menilai harga rumah yang Anda miliki.

Terkadang orang menerka nilai appraisal dengan menerka Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) yang terlampir pada slip Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Padahal banyak kasus NJOP yang tidak sesuai dengan nilai dari rumah tersebut. Karena NJOP tidak bisa digunakan menjadi ukuran, maka ada dua pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan harga pasar dan pendekatan biaya. Pendekatan harga pasar biasanya digunakan agen properti atau petugas analis bank untuk menilai harga rumah lalu membandingkannya dengan harga rumah lain yang spesifikasinya serupa dengan rumah yang Anda miliki. Pendekatan biaya didapat dengan rumus menjumlah harga tanah dan nilai bangunan, ditambah dengan fasilitasnya.

Nilai appraisal rumah sendiri juga bisa Anda tingkatkan dengan melakukan renovasi. Tidak perlu besar, cukup dipoles sedikit agar terlihat cantik. Bisa dengan melakukan pengecatan atau mempercantik area taman serta pekarangan agar sedap dipandang. Selain itu faktor penentu appraisal sebuah rumah adalah terlihat menonjol atau tampil berbeda dibandingkan rumah di area sekitarnya,

Tingginya nilai appraisal rumah adalah sangat diharapkan sehingga dana yang akan didapat dari bank pemberi KPR akan semakin besar. Namun yang terjadi kadang justru sebaliknya karena akses rumah sulit, rawan banjir, dekat pembuangan sampah, dan Anda punya catatan buruk soal kredit bank maka bank bisa saja menolah appraisal terhadap rumah Anda.

Sebaiknya Anda juga mencari tahu harga pasaran rumah dengan spesifikasi serupa di sekitar lingkungan Anda. Hasil riset ini bisa disampaikan ke pihak bank sehingga menjadi data pembanding. Hal ini juga akan mencegah bank memberi harga atau penilaian lebih rendah dari harga pasaran. Karena appraisal adalah taksiran nilai properti, maka Anda harus memperhatikan hal-hal kecil yang bisa meningkatkan nilai properti Anda.

Latest News