BEGINI CARA PERPANJANG SERTIFIKAT HGB APARTEMEN
08 September 2020

Dalam setiap pembelian unit apartemen, yang namanya sertifikat Hak Guna Bangunan sangatlah penting karena sertifikat ini merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh pemilik unit apartemen. Dengan adanya sertifikat ini maka pemilik apartemen adalah pemilik sah dari unit tersebut. Setiap sertifikat HGB memiliki masa berlaku, dan jika habis maka pemilik wajib memperpanjang sertifikat tersebut. 

Ada Surat Pemberitahuan. Ketika masa berlaku sertifikat sudah mendekati jatuh tempo, maka tim dari Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun biasanya akan datang mengungjungi apartemen yang perlu memperpanjang sertifikat HGB miliknya. Masa berlaku sertifikat ini biasanya 20-30 tahun.

Mengisi Formulir. Saat memperpanjang sertifikat ini Anda harus mengisi formulir surat permohonan perpanjangan HGB. Agar surat tersebut berkekuatan hukum maka disertakan materai bersama tanda tangan pemohon.

Melengkapi Dokumen Penting. Sejumlah berkas penting harus Anda persiapkan saat memperpanjang sertifikat HGB. Seperti surat kuasa, jika apartemen dikuasakan ke pihak lain, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta pendirian dan akta pengesahan berbadan hukum. Selain itu Anda juga perlu melampirkan sertifikat HGB Asli, Fotokopi SPPT PBB yang sudah dicocokkan dengan petugas loket.

Membayar Biaya. Langkah terakhir adalah membayar perpanjangan yang besarnya dihitung berdasar Nilai Jual Objek Pajak. Biasanya untuk menentukan besarnya biaya ini dihitung dari luas tanah di apartemen setelah dibagi jumlah unit yang ada. Kemudian dikalikan dengan luas unit per meter persegi. Biaya perpanjangan sertifikat HGB ini tentunya berbeda-beda tergantung luas unit. Semakin luas unit apartemen maka biaya semakin besar.   


Latest News