BERSIH-BERSIH SETELAH MUDIK
11 June 2019

Momen pulang kampung atau mudik sudah menjadi budaya di Indonesia. Terutama bagi kaum pendatang atau yang memiliki orangtua di luar kota. Lamanya mudik pun bervariasi. Untuk tahun ini barangkali banyak diantara Anda yang mudik belasan hari. Lalu bagaimana dengan kondisi rumah selama ditinggal? Pasti kotor ya, apalagi pembantu juga mudik. Tak ada salahnya tetap menjaga kebersihan rumah untuk menghindarkan anggota keluarga dari beragam penyakit.

Lantai Rumah 

Lantai rumah yang kotor akan menjadi tempat bagi virus atau jamur yang bisa menyebabkan kaki gatal bila jalan tanpa alas kaki. Lantai memang seharusnya dibersihkan dengan dipel, jangan lupa untuk selalu mengenakan alas kaki.

Peralatan Masak

Peralatan memasak sebaiknya dipisah menurut fungsinya. Talenan untuk makanan olahan harus dibedakan dengan talenan untuk makanan mentah seperti daging/ikan. Cara ini untuk menghindar dari bahaya kuman penyakit penyebab penyakit pencernaan.

Lemari Es

Kuman bisa ada di lemari es karena bahan makanan yang tersimpan di dalamnya. Karena itu untuk menghindarinya bersihkan kulkas seusai mudik. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas hendaknya bahan makanan dicuci terlebih dahulu.

Kamar Mandi

Bersihkan kamar mandi setiap hari, perkembangbiakkan jamur dan bakteri di ruangan ini dapat dihindari. Jika jamur berkembang biak pada shower/gorden maka

gunakan pemutih untuk membersihkannya.

Sikat Gigi

Barang kecil yang sering terlupakan ini sering basah dan lembab. Tentunya akan menjadi lahan subur bagi perkembangan bakteri. Sebaiknya pastikan sikat gigi sudah kering sebelum bagian bulunya ditutup bungkus. Letakkan sikat gigi sejauh mungkin dari kloset atau letakkan didalam kotak tertutup.

Pakaian Kotor

Pakaian kotor yang menumpuk merupakan sumber kuman dan bakteri. Pisahkan dan segera cuci pakaian anggota keluarga yang menumpuk setelah mudik. Jangan lupa cuci tangan setelah memegang pakaian kotor apalagi jika ada anggota keluarga yang sakit.  

Tanaman

Bunga di pot atau tanaman yang dapat mempercantik ruangan juga dapat menjadi tempat perkembangbiakkan serangga yang bisa membawa kuman ke makanan. Maka itu perlu dibersihkan dari genangan air yang terdapat di pot.

Bantal Tidur

Bantal yang tidak pernah dibersihkan dapat menjadi sarang bakteri maupun debu. Untuk mengurangi resiko yang bisa mengganggu kesehatan maka cuci bantal sekali minggu. Apabila anda mudik lebih dari 5 hari, sebaiknya segera cuci bantal dan sprei ketika pulang ke rumah. Ganti bantal di rumah dengan yang baru minimal setiap tiga tahun.

Sumber : https://nakita.grid.id/read/021743332/jangan-lupa-bersih-bersih-rumah-setelah-mudik?page=all

 























































 

Latest News