CARA JUAL PROPERTI GAK PAKE LAMA
21 July 2020

Umumnya menjual rumah memerlukan waktu relatif panjang, karena harus melakukan persiapan dokumen hingga proses transaksi akhir dengan pembeli. Tapi sebenarnya properti pun bisa terjual dalam waktu singkat, sekitar tiga bulan asal mau dan mampu mengatur strateginya.

1.PRICE

Survey! Survey! Survey! Penting untuk mengetahui harga jual rumah di sekitar kawasan Anda. Jika harga yang ditetapkan terlalu mahal maka pembeli akan menganggap Anda tidak serius menjual rumah tersebut. Jadi tentukan harga sesuai dengan market price, beri ruang untuk buyer nego dengan persentase yang wajar karena buyer juga pasti akan melakukan survey harga dengan properti-properti sekitar. 

2.LEGALITAS

Pastikan status legalitas dimana keberadaan IMB dan Sertifikat kepemilikan properti haruslah jelas. Pastikan juga ada bukti lunas PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) terlebih bagi yang menjual properti seken.

3.KONDISI FISIK RUMAH

Buyer cenderung memilih rumah yang layak huni. Atap bocor, cat mengelupas dll lebih baik diperbaiki dulu. Memperbaiki semua bagian properti menuntut waktu dan usaha, pastikan perbaikan itu menarik minat pembeli potensial. Bersihkan properti secara berkala jika sudah tidak dihuni. Jangan lupa untuk perhitungan biaya perbaikan properti dengan seksama agar tetap bisa menjualnya dengan harga yang pantas dan buyer pun puas.

4.TIMING IS EVERYTHING

Hindari menjual properti ketika kondisi politik tidak stabil, akhir tahun atau dimasa ekonomi yang sulit. Karena itu biasanya orang yang sedang mencari properti lebih mempertimbangkan faktor lain misalnya untuk mencukupi kebutuhan. Hindari juga menjual menjelang Hari Raya karena banyak orang fokus pada perayaan, bukan pada membeli rumah. Yang bisa dilakukan adalah memasukkan listing properti setelah hari raya, dengan begitu saat orang-orang mulai mencari listing bisa dilihat oleh para calon pembeli.

Latest News