CEK KRITERIA RUMAH BEBAS PPN
07 April 2021

Perhatikan kriteria rumah bebas PPN untuk pembelian rumah tapak (landed) dan rumah susun / apartemen selama periode 1 Maret - Agustus 2021, dimana pemerintah menanggung biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Hal ini dilakukan untuk mendorong konsumsi masyarakat terutama kelas menengah. Untuk kriteria properti yang PPN DItanggung Pemerintah (PPN DTP) adalah sbb :

  1. PPN DTP 100 % berlaku untuk rumah landed dan rumah susun dengan harga jual maksimal Rp 2 Miliar. Sementara untuk properti yang harganya diatas Rp 2 Miliar - Rp 5 Miliar maka PPN DTP hanya sampai 50%.
  2. Properti yang mendapat insentif PPN DTP ini hanyalah properti yang telah selesai pembangunannya atau siap huni (ready stock). Artinya tidak berlaku untuk properti hunian yang belum selesai atau masih dalam tahap pengembangan.. Sehingga pihak developer harus menyerahkan ke konsumen secara fisik pada periode pemberian insentif ini.
  3. Selain itu PPN DTP hanya diberikan untuk satu (1) unit rumah tapak atau rumah susun per satu orang dan tidak boleh dijual kembali dalam jangka waktu satu tahun. Jika properti itu dijual sebelum satu tahun maka insentif itu dinyatakan batal, dan pemilik diwajibkan membayar PPN secara normal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. PPN DTP ini juga dapat berlaku bagi konsumen properti yang sudah membayar uang muka/DP . Selain itu juga berlaku untuk konsumen yang membayar cicilan kepada penjual sebelum berlakunya PMK dengan syarat pembayaran uang muka atau cicilan pertama kali paling lambat 1 Januari 2021, Pemenuhan ketentuan dilakukan pada periode pemberian insentif PPN DTP berdasar Peraturan Menteri, dan PPN DTP diberikan hanya atas PPN yang terutang atas pembayaran sisa cicilan dan pelunasan yang dibayarkan selama periode pemberian PPN ditanggung pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri. 

Haruslah dipahami bahwa tujuan dari PPN DTP untuk stimulus agar konsumen segera melakukan pembelian rumah. Jadi sebaiknya Anda segera memanfaatkan kesempatan ini yang belum tentu akan muncul kembali di tahun mendatang. Apabila Anda sudah ada niatan untuk membeli rumah tahun ini, dan sudah siap untuk menggunakan sistem KPR tidak ada salahnya untuk menghubungi Property Consultant dari GALAXY. Temukan unit rumah atau apartemen yang ready stock, sesuai budget dan kebutuhan Anda dan pasangan. Hubungi hotline 081 233 718 719 untuk info lebih lanjut. 

Latest News