Dear Millennial, Kamu Butuh Leadership Skill
12 August 2019

Di Indonesia, proporsi generasi milennial cukup mendominasi yaitu sebesar 34,45 % atau lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia. Menurut BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah angkatan kerja milennial di Indonesia bahkan mencapai lebih dari 62,5 juta jiwa. Mereka ini juga termasuk sebagai pemimpin-pemimpin perusahaan bahkan pemilik bisnis bukan hanya level karyawan. Organisasi yang mereka pimpin dengan karakter khas milennial tentunya memiliki nilai-nilai tersendiri yang menarik untuk diamati. Keterlibatan tim, skill individu, ketrampilan memotivasi dan sumber ide-ide super kreatif menjadi ciri khas mereka.

Dalam setiap organisasi pasti mengenal istilah kepemimpinan. Istilah kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi suatu kelompok ke arah pencapaian tujuan tertentu. Tidak banyak orang memiliki sifat kepemimpinan, oleh karena itu leadership skill ini harus diasah sejak dini. Menurut Erwin Sugianto, Human Capital Director Galaxy Corp, "Milennial tetap butuh yang namanya leadership skill, karena skill ini sifatnya timeless, bisa dipakai kapanpun". Kaum milennial punya banyak hal potensial dalam diri mereka, tapi mereka tidak boleh melupakan yang namanya skill kepemimpinan. Bagaimana memanage tim, dari tim kecil sampai besar itu semua butuh skill, dan itu tidak bisa dipelajari dalam semalam. Lebih lanjut Erwin menambahkan, "kalau ingin building business yaa mau gak mau harus building skill. Itu semua harus praktek, gak sekedar membaca, praktek bukan hanya teori ya".

Menjadi team player atau justru menjadi team leader tidak bisa hanya duduk diam melihat perubahan yang cepat. Mengatakan diri sendiri adalah a team player tidaklah cukup, milennial harus mampu menunjukkannya. Membuktikan dan memberi contoh bagaimana dirinya bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan tertentu. Jika ia menjadi pemimpin, harus mampu menunjukkan bagaimana dirinya menghadapi tekanan dalam situasi tertentu dan bisa mengatasinya.

Dengan bergabung ke Galaxy, para milennial dapat menjadikannya sebagai ladang praktek, karena sistem perusahaan mendukung untuk hal tersebut dimana Galaxy mengapresiasi kebutuhan kaum milennial. Ketika bergabung mereka akan dibimbing langsung oleh yang berpengalaman.  Kelak mereka akan menempatkan diri pula sebagai coach, mentor dan kawan baik bagi anggota timnya. "Property consultant milennial ini bila ingin naik level menuju Business Manager, gak perlu khawatir. Akan selalu ada yang membimbing karena sistem di Galaxy sudah sangat jelas. Setelah menjadi Business Manager dan ingin memilki kantor sendiri juga sangat memungkinkan, karena lewat sistem BOS (Business Ownership System) Galaxy mengajak semua orang untuk membuka bisnisnya sendiri", demikian yang ditambahkan oleh Erwin Sugianto. (AT/2019)


Latest News