FASILITAS PERUMAHAN YANG LENGKAP SEPERTI APA SIH?
18 November 2020

Selain aspek keamanan ada aspek penting lainnya yang wajib ada disebuah perumahan saat ini. Para pihak pengembang (developer) tentunya berlomba-lomba memberikan kenyaman bagi penghuninya dengan fasilitas yang lengkap. Dengan terpenuhinya aspek keamanan tentunya penghuni merasa terjamin, akan merasa nyaman dan tanpa kekhawatiran terhadap kejadian yang tidak diinginkan seperti kriminalitas, kebakaran, banjir dan lain sebagainya. Ada kebutuhan lain yang juga harus ada di kawasan tempat tinggal modern sekarang ini. Fasilitas perumahan yang lengkap dan mudah diakses oleh penghuni perumahan tentu menjadi nilai tambah baik dari sisi nilai jual dan nilai tinggal. Fasilitas perumahan tersebut meliputi :

  • Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant). Nilai tinggal kawasan perumahan modern akan semakin bernilai tinggi jika di dalamnya ada manajemen pengolahan air bersih yang baik. Biasanya fasilitas semacam ini menjamin tidak adanya permasalahan seperti air yang kotor, air tersumbat atau sulit keluar. Sejumlah pengembang bahkan juga memikirkan air limbah rumah tangga diolah kembali untuk digunakan menyiram jalan dan tanaman.
  • Sport Club. Fasilitas olahraga sekarang ini menjadi fasillitas yang umum dijumpai pada perumahan modern mulai dari kolam renang, lapangan bulu tangkis, basket, futsal, area gym, dan lain sebagainya. Setiap penghuni dapat memanfaatkan fasilitas kapan saja baik untuk diri sendiri atau bersama keluarga.
  • Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial. Fasum biasanya terdiri dari berbagai aspek dan tempat seperti akses jalan raya yang aman dan mudah dilalui, adanya taman dan playground, hadirnya keamanan 24 jam, dll. Taman dan ruang hijau termasuk jalur khusus untuk jogging dan bersepeda sekarang ini menjadi pertimbangan. Sementara itu fasilitas sosial dapat berupa tempat ibadah, dan sekolah biasanya dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai sekolah dasar.
  • Area Komersil. Fasilitas perumahan yang wajib ada untuk melengkapi kebutuhan penghuni adalah area perdagangan yang hadir di area komersil. Seperti pasar modern, minimarket, ruko, bank, klinik bahkan rumah sakit.
  • Layanan Purna Jual dan Estate Management. Adanya layanan real estate yang mudah dihubungi menunjukkan bahwa pengembang berorientasi pada Customer Service Excellent.

Latest News