INVESTASI PROPERTI DI LUAR NEGERI, YES OR NO?
11 July 2019

Berinvestasi properti di luar negeri sekarang ini bukanlah sesuatu yang asing. Semakin banyak orang tua yang menyekolahkan putra-putri mereka di luar negeri. Mengingat dana pendidikan cukup besar untuk bersekolah di luar negeri, tak heran jika biaya tempat tinggal menjadi perhatian utama. Banyak orang yang mulai melirik investasi apartemen di luar negeri agar apartemen yang ditempati nantinya menjadi milik pribadi. Sebelum membeli properti di luar negeri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon pembeli yakni ada tidaknya kesempatan memiliki ijin tinggal (permanent residance), jarak tempat tinggal dengan pusat studi atau keramaian, dan rental guarantee yang ditawarkan oleh pihak pengembang.


Henry Nugroho, Managing Director GALAXY, menyatakan properti luar negeri yang sedang naik daun tidak hanya di Australia namun juga di Spanyol. "Investasi di negara mediterania ini punya keuntungan mulai soal ijin tinggal lewat Golden Visa, jadi tidak ada minimum stay" ujar Henry di Surabaya. Golden Visa ini berlaku di 26 negara eropa, selain itu memberi keuntungan berlaku untuk satu keluarga termasuk suami isteri, kedua orang tua-mertua, dan semua anak dibawah 18 tahun. Investasi di Spanyol juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan biaya pendidikan gratis dari jenjang SD sampai SMA. Lebih lanjut Henry menambahkan bahwa negara-negara seperti Australia, Singapura, Selandia Baru, Inggris, Jerman, Spanyol, dan sejumlah negara di asia lainnya tetap menjadi pilihan untuk berinvestasi dan menghabiskan masa pensiun.


Tidak perlu takut untuk berinvestasi di luar negeri, karena aturan main relatif sangat jelas. Regulasi pemerintah setempat terkait aturan dan pajak juga sudah transparan. Sebagai calon konsumen Anda harus teliti dan memahami soal aturan, cara main, dan seluk beluk pasar properti di negara yang dituju agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Untuk itu jangan lupa menghubungi trusted property consultant yakni GALAXY. (AT/2019)






Latest News