INVESTASI PROPERTI, UNTUNG ATAU RUGI ?
19 October 2020

Investasi properti memang menjadi salah satu instrumen investasi yang paling digemari karena menggiurkan dari sisi keuntungan. Banyak investor menanamkan modalnya dibidang ini agar dapat mengamankan harta dari inflasi. Salah satu keuntungan dari investasi properti adalah investasi ini dapat terlihat secara fisik. Beda dengan saham yang tidak terlihat fisiknya, sehingga tak heran mereka yang memiliki modal besar memilih berinvestasi properti. Selain itu salah satu keuntungan yang didapatkan adalah Anda bisa mendapat penghasilan lebih dari instrumen investasi yang satu ini dengan cara menyewakan. Apabila Anda sukses dalam usaha sewa properti ini tidak menutup kemungkinan menghasilkan cashflow yang postitif.

Keuntungan yang lain ketika berinvestasi adalah soal resiko yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan pergerakan nilai properti tidak sekencang investasi di saham. Andya yang tidak ingin mengambil resiko tinggi memang cocok untuk bidang ini. Selain resiko yang rendah, pasar properti juga relatif stabil dan investasi ini cukup menjanjikan bagi investor karena dapat mengembalikan modal.

Dalam pandemi seperti sekarang ini, banyak properti yang dijual murah atau mengalami revisi harga. Hal ini justru menjadi kesempatan bagi Anda yang memiliki simpanan dana yang cukup untuk membeli properti namun apabila kondisi keuangan Anda justru sebaliknya, maka harus dipertimbangkan kembali soal berinvestasi. Anda juga harus memahami bahwa properti tidak bisa dijual dengan cepat, berbeda dengan saham yang bisa dijual cepat karena nilai likuiditasnya tinggi. Sehingga jika Anda butuh dana cepat dalam kondisi darurat, nilai jual properti akhirnya tidak terlalu tinggi.

Untuk memulai investasi properti, Anda membutuhkan modal yang cukup besar sehingga harus menyiapkan dana atau menabung terlebih dahulu. Namun modal yang besar ini sebanding dengan keuntungan yang didapatkan bahkan bisa lebih besar dari modal. Yang harus dipikirkan untuk investasi properti adalah biaya perawatan yang cukup mahal. Misal ada kerusakan di atap, ada genteng bocor atau kayu kusen dan pintu dimakan rayap, maka Anda pasti mengeluarkan biaya ekstra untuk membenahinya.

Hunian dengan lokasi strategis di pinggir kota atau apartemen di tengah kota juga bisa menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan tepat mengenai properti mana yang bisa dipilih untuk investasi, tentunya Anda dapat berkonsultasi dengan Konsultan Properti Galaxy. 


Latest News