Jadi Miliarder Sebelum Usia 30 ?
20 May 2019

Memiliki aset Rp 1 Miliar di usia muda sebenarnya merupakan hal yang cukup realistis untuk diwujudkan. Asal memiliki strategi yang tepat, juga komitmen dan kerja keras serta keberanian untuk mengambil resiko, sehingga bisa mewujudkan mimpi menjadi miliarder. Beberapa tips untuk mencapai mimpi ini:

1. Perbesar Margin Keuntungan

Semakin lebar jarak antara "apa yang anda hasilkan" dengan "apa yang anda habiskan", itu menunjukkan profit margin anda semakin besar. Bila selama ini alokasi untuk tabungan hanya 5-10 % dari penghasilan, coba naikkan menjadi 40-5-%. 

2. Perbanyak Investasi

Investasi dapat membantu harta Anda berkembang. Uang yang anda miliki sekarang Rp 100 juta, namun dimasa depan nilai tukarnya akan mengecil. Pilih produk investasi yang dapat anda manfaatkan sebagai instrumen untuk melawan investasi.

3. Ubah Passion Anda Menjadi Sebuah Bisnis

Cara termudah mencari passion adalah dengan menggali hobi atau hal-hal yang Anda senangi. Jika memiliki hobi menulis dan travelling, mengapa tidak mencoba serius membangun sebuah traveling blog. Cari ide-ide bisnis yang modalnya tidak besar, namun berpeluang besar untuk memberikan Anda sebuah penghasilan tambahan.

4. Berinvestasi Lebih Awal Di Dunia Properti

Laju kenaikan harga properti selalu naik. Hal ini terjadi karena laju pertumbuhan penduduk yang membutuhkan properti jauh lebih tinggi dibanding ketersediaan lahan atau unit properti. Kenaikan harga properti rata-rata sekitar 8%-10% per tahun. Namun seringkali ditemukan pula kenaikan yang lebih signifikan di lokasi-lokasi yang lebih strategis.

5. Stay Low, Don't Show Off

Pastinya ada pengorbanan yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi miliarder diusia muda. Salah satunya adalah gaya hidup. Diawal masa proses, tidaklah perlu mengikuti gaya hidup masa kini yang memaksa Anda untuk menjadi anak muda yang konsumtif. Nyatanya justru sebagian besar orang yang benar-benar kaya memiliki gaya hidup yang sederhana. Cobalah untuk lebih hemat dan membeli sesuatu berdasarkan fungsi, bukan gengsi.


Latest News