JELI MEMILIH PROPERTI
20 October 2020

Properti baik rumah atau apartemen menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Anda yang memiliki dana cukup dan bisa digunakan membeli properti, bila dana belum mencukupi pastinya harus sewa untuk tempat tinggal. Bagi Anda yang ingin membeli memang harus jeli memilih properti. 98% konsumen properti Indonesia menempatkan lokasi sebagai faktor utama dalam pemilihan hunian dibandingkan dengan faktor harga. Selain faktor lokasi, faktor keamanan disekitar hunian juga menjadi pertimbangan, Anda tentu tidak ingin kawasan hunian Anda dikenal sebagai kawasan dengan aksi kriminal yang tinggi. Faktor ketiga saat memilih rumah adalah akses menuju transportasi publik. Perumahan yang dekat dengan akses transportasi publik menawarkan waktu tempuh lebih cepat dan jadwal keberangkatan lebih banyak setiap hari dan lebih pasti.

Anda juga harus jeli memilih pengembang (developer) perumahan, apakah tergabung dalam asosiasi atau tidak. Dahulu memang ada peraturan pengembang harus masuk asosiasi baik REI ataupun APERSI sehingga dapat dikontrol apabila ada kecurangan atau sengketa. Namun sekarang ini masih banyak pengembang yang membangung sendiri tidak bergabung dalam asosiasi sehingga Anda sebagai pembeli haruslah jeli. Developer yang baik memiliki kesungguhan menghadirkan proyek berkualitas, mereka ditunjang oleh pendanaan yang baik dan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Mereka memiliki kemampuan dalam perencanaan dan analisa proyek sehingga dengan kemampuan itu sanggup menghadirkan proyek yang bagus dan mudah diserap pasar.

Perhatikan pula mengenai berbagai fasilitas  perumahan yang ditawarkan karena keberadaan fasilitas tidak hanya mempermudah aktifitas sehari-hari namun juga membuka peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis yang lain. Banyak developer kini mengembangkan mixed use project yang memadukan kawanan hunian dengan berbagai macam fasilitas umum dan fasilitas komersial seperti pusat perbelanjaan, tempat pelayanan kesehatan, lembaga pendidikan, sarana olahraga dan sebagainya.

Jangan mudah tergiur dan berpikir pendek untuk langsung mengambil properti yang anda lihat., lakukanlah peninjauan dan pengecekan terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi soal harga pasaran rumah baik secara online atau langsung memastikan harga terbaik di pasaran dengan kata lain lakukan riset harga pasar. Yang tak kalah pentingnya adalah Anda sebagai konsumen berhak mengetahui sertifikat tanah pengembang. Pengecekan ini perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada konsumen dalam hal ini Anda sebagai calon pembeli bagaimana sebenarnya status tanah yang akan dikembangkan oleh developer. Anda juga bisa menghemat waktu untuk melakukan semua yang diatas tadi dengan menghubungi langsung konsultan properti GALAXY. 

Latest News