KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INVESTASI TANAH KAVLING
19 November 2020

Investasi memang menjanjikan keuntungan, namun sebagai investor Anda pun harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan investasi yang anda pilih. Tanah kavling memiliki lokasi tanah yang dapat dipetak-petakkan dengan rapi sesuai ukuran dan standar tertentu. Biasanya semakin strategis tanah kavling, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Dalam istilah pembangunan, tanah kavling berbagi menjadi tiga bentuk yakni :

  1. Tanah Kavling Cul de Sac Lot. Berupa tanah kosong yang berada di jalan buntu. Lahannya luas dan sering digunakan untuk hunian
  2. Tanah Kavling Interior Lot. Lahan tanah kosong yang sudah dibagi-bagikan sesuai dengan cluster masing-masing dan lebih sering digunakan untuk tanah pemukiman
  3. Tanah Kavling Intersection Lot. Lahan tanah kosong yang berada di persimpangan jalan. Lahan ini paling banyak diminati orang-orang karena kemudahan akses.

Ada beberapa hal yang harus Anda periksa dengan seksama jika berinvestasi di tanah kavling, yakni urusan legalitas. Pastikan tanah yang akan Anda beli itu free, clean, clear. Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik tertera di sertifikat tanah. Clean, artinya tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi atau ditempat oleh orang lain yang tidak berhak. Clear artinya ukuran tanah sudah tepat seperti yang tertera di sertifikat. 

Keuntungan Berinvestasi di Tanah Kavling antara lain :

  • Capital Gain. Dimana harga tanah senantiasa mengalami kenaikan,persentasenya bisa mencapai 20-25% tiap tahun atau dua kali lipat setelah 5 tahun kedepan. Nilai plus inilah yang menjadikan investasi tanah cocok bagi pemula yang baru terjun berinvestasi.
  • Dari sisi biaya, perawatan tanah kosong relatif tidak memerlukan biaya besar dan tidak menyulitkan.
  • Memiliki added value. Saat ini kita banyak menjumpai pengembangan perumahan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Jika lokasi strategis bisa juga lokasi kavling tersebut dibangun menjadi ruko.
  • Persediaan tanah tidak akan bertumbuh dan berkembang sedangkan permintaan rumah tinggal akan selalu bertumbuh seiring pertumbuhan penduduk. Itu artinya permintaan terhadap tanah semakin tinggi, sehingga dari sisi harga pasti mengalami kenaikan.
  • Sambil menunggu masa lima tahun hingga harga tanah naik dua kali lipat, maka Anda dapat memanfaatkan lahan untuk berbisnis tambahan mulai berkebun sayur, lahan parkir atau taman untuk acara pernikahan

Kekurangan Berinvestasi di Tanah Kavling

  • Minim income. Lahan kosong umumnya tidak menghasilkan income, ini tentunya berbeda dengan investasi rumah/ruko yang dapat segera disewakan
  • Sifat likuid kecil berbeda dengan emas. Investasi tanah dirasa sulit saat hendak dicairkan menjadi bentuk uang dalam waktu singkat
  • Modal besar. Memang dibanding properti lain tanah relatif lebih terjangkau untuk dibeli, hanya saja lokasi tanah yang berada di area strategis biasanya dibandrol dengan harga tinggi.
  • Menguras pengeluaran. Poin ini berlaku jika lahan yang dimiliki tidak dipergunakan secara produktif, tanahnya akan memberikan beban seperti pajak, penjagaan dan perawatan. Karena jika tidak diberi batas yang jelas seringkali disalahgunakan oleh pihak lain.


Latest News