KENALI ISTILAH DALAM HUNIAN PERUMAHAN
09 September 2020

Mempunyai hunian di perumahan tentu berbeda dengan di lingkungan pemukiman biasa. Di perumahan pastilah fasilitas yang tersedia juga berbeda dengan pemukiman biasa. Sejumlah developer yang mengambil lokasi perumahan dengan luas tanah yang cukup besar biasanya menggunakan istilah-istilah tertentu untuk memudahkan pembagian lokasi. Kenali istilah dalam hunian perumahan seperti cluster, boulevard, commercial, RTH, One gate system dan lain sebagainya. 

CLUSTER. Cluster terdiri dari beberapa blok tergantung seberapa besar clusternya. Cluster ini merujuk pada satu kawasan dan blok tertentu. Cluster ini dapat mencakup 100-300 hunian dalam satu kompleks perumahan. Di dalam cluster juga bisa terbagi lagi ke dalam beberapa kelompok rumah dengan tipe dan yang berbeda.

RUANG TERBUKA HIJAU (RTH). Setiap pengelola yang akan membangun perumahan diwajibkan menyisakan 30% lahannya untuk Ruang Terbuka Hijau. Biasanya RTH ini dibuat untuk fasilitas taman umum dan jalan. Ada juga developer yang menyisakan 50% lahannya untuk RTH karena memang konsep yang dibangun adalah lingkungan yang tidak padat, dengan nuansa hijau dan segar.

BOULEVARD. Boulevard merupakan jalan utama dalam kompleks perumahan dan biasanya memiliki lebar jalan yang lebih besar daripada jalan dalam cluster. Rumah yang terletak di sisi boulevard ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada di dalam cluster.

ONE GATE SYSTEM. Pihak developer biasanya menggunakan sistem keamanan satu pintu. Artinya hanya ada satu akses pintu keluar dan masuk ke dalam perumahan. Dan sudah disiapkan pula CCTV yang terpantau selama 24 jam di pintu gerbangnya. Sejumlah perumahan juga menerapkan sistem kartu atau stiker untuk mengidentifikasi penghuni cluster perumahan.

CLUB HOUSE. Merupakan fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh penghuni perumahan. Biasanya dengan membayar iuran setiap bulan, dan harganya bisa lebih murah dibandingkan jika pihak luar yang menyewa. Dalam area club house pada umumnya terdapat kolam renang, gym area, lapangan basket, lapangan tenis, ruang serbaguna, dan sebagainya. Perumahan yang memiliki club house pastilah memiliki nilai jual yang lebih. 

KOTA MANDIRI. Kota mandiri adalah areal perumahan dimana developer membangun segala fasilitas di pusat kota seperti Mall, Akses Tol, Area Komersial, Sekolah, Universitas, Rumah Sakit, Perkantoran, dan lain-lain.  

 

Latest News