LANGKAH AJUKAN KREDIT PEMILIKAN APARTEMEN (KPA)
30 October 2020

Alternatif hunian saat ini selain rumah tapak (landed house) adalah dengan tinggal di apartemen. Apartemen saat ini menawarkan banyak fasilitas lengkap, dan menjadikan apartemen semakin nyaman untuk dihuni. Anda bisa memiliki apartemen melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) baik yang dikeluarkan dari produk bank maupun dari lembaga pembiayaan . Beberapa bank menyediakan layanan kredit apartemen ini dapat membiayai 70-80% harga keseluruhan dengan tenor sekitar 5-20 tahun. Langkah ajukan KPA adalah sebagai berikut :

  1. Kalkulasikan Besarnya Dana Yang DIbutuhkan. Anda perlu mengetahui pokok pinjaman yang diperlukan dengan cara menghitung harga apartemen lalu dikurangi dengan uang muka yang dibayarkan. Pastikan jumlah cicilan sesuai dengan kemampuan finansial Anda dalam jangka waktu panjang.
  2. Hitung Besarnya Tabungan & Harta Yang Dimiliki. Kategorikan menurut likuiditasnya seperti mudah atau sulit jika dicairkan menjadi uang dalam waktu cepat. Harta berupa tanah dan rumah memerlukan waktu relatif lama untuk diuangkan.
  3. Kumpulkan Data Riil Pendapatan. Buat daftar pemasukan mulai dari gaji bulanan, THR, bonus tahunan, hingga pendapatan dari usaha/bisnis sampingan. Jika ada pendapatan insendental atau tidak rutin, ini juga perlu dipertimbangkan. Tentukan jumlah pendapatan gabungan antara anda pasangan jika sudah menikah.
  4. Kumpulkan Data Riil Pengeluaran. Sama seperti pendapatan, buatlah daftar pengeluaran rutin, insedintal, pengeluaran musiman, hingga perkiraan biaya tidak terduga lainnya. Masukkan pula rencana besar anda dalam kurun waktu 10-15 tahun kedepan termasuk masa angsuran KPA.
  5. Riset Bank Yang Sediakan Layanan KPA. Buatlah perbandingan antara bank-bank yang memberikan KPA dari sisi persyaratan, suku bunga, penalti, biaya provisi, biaya asuransi, notaris, dan lain sebagainya. Perhatikan pula kedekatan Anda dengan bank, apabila pernah mengambil kredit di bank X dan tidak bermasalah maka bank tersebut kemungkinan bersedia mendanai KPA Anda. Selain itu Anda juga bisa menegosiasikan suku bunga.
  6. Persiapkan Berbagai Dokumen Yang Diperlukan. Sejumlah dokumen penting harus dipersiapkan mulai KTP suami-isteri, KK & surat nikah, NPWP, Pas Foto suami-isteri 4x3, Surat Keterangan Kerja Asli, Buku Tabungan, Slip Gaji, Surat Keterangan Penghasilan.

Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan properti dari GALAXY untuk mendapatkan apartemen yang Anda inginkan. Mereka juga akan membantu untuk mencari bank-bank penyedia KPA, notaris, dan segala pengurusan lainnya. Menggunakan jasa seorang konsultan properti akan menghemat banyak waktu Anda, jadi hubungi kantor GALAXY terdekat. 

Latest News