LEBIH DEKAT DENGAN SMART HOME
19 April 2021

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin canggih, dan hal itu juga bisa dilihat dengan semakin banyaknya aplikasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dalam rumah. Sejumlah developer juga menangkap peluang ini dengan membangun unit-unit rumah dilengkapi smart home system. Smart home system ini  berguna untuk mengatur dan mengontrol rumah dengan otomatis bahkan dari jarak jauh. Penghuni bisa mengatur dari mana saja dan kapan saja asalkan smartphone pemilik terkoneksi dengan internet. Pengaturan smart home ini membuat Anda bisa mengontrol peralatan elektronik seperti AC, lampu, televisi bahkan fungsi keamanan seperti cctv dan kunci. Jadi ketika penghuni meninggalkan rumah sudah tidak perlu khawatir dengan sistem keamanannya, karena bisa dikontrol dan dikelola lewat smartphone tadi. 

Banyak keuntungan dari menggunakan smart home system atau rumah pintar ini,  seperti misalnya Anda dapat mengontrol penggunaan lampu dan pendingin ruangan hanya butuh satu smartphone.  Nanti akan muncul notifikasi di smartphone Anda bila ada masalah terkait lampu dan AC.  Selain lampu dan AC , sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan bel pintu (bel smart door), fitur deteksi asap, dan lain sebagainya. Secara biaya pemakaian sistem rumah pintar ini hemat energi karena dapat menghemat biaya yang cukup signifikan karena penggunaan peralatan elektronik di rumah Anda menjadi cukup efisien. Tidak ada lagi alasan Anda lupa mematikan AC, lupa menyalakan lampu saat meninggalkan rumah, atau lupa mengunci pintu. Anda bisa meninggalkan rumah tanpa was-was lagi karena semua bisa dalam genggaman smartphone. 

Disisi lain smart home system juga memiliki kekurangan. Yakni risiko keamanan bila ada pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker mencoba membobol akses sistem ini. Karena seluruh sistem yang terintegrasi dengan dukungan internet pasti memiliki risiko untuk diretas.  Yang bisa dilakukan adalah meminimalisir risiko dengan menggunakan password yang kuat dan hanya menghubungkan sistem ke perangkat terpercaya satu penghuni rumah saja. Selain masalah tersebut adalah dari sisi biaya. Saat ini pemasangan sistem ini relatif mahal bisa puluhan juta rupiah. Belum lagi menghadapi kondisi listrik di negara ini yang sering mati nyala, tentu berpengaruh pada keamanan sistem.

Di Kota-Kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali ada sejumlah developer yang menjual unitnya lengkap dengan dukungan sistem rumah pintar ini. Anda dapat menghubungi property consultant GALAXY untuk mengetahui unit-unit mana yang menggunakan smart home system, dan apa saja kriteria rumah yang anda cari bisa didiskusikan lebih lanjut. Atau Hubungi 081 233 718 719 setiap hari kerja. 

Latest News