MAIN CAHAYA DAN AKSEN INTERIOR UNTUK APARTEMEN
07 September 2020

Tinggal di apartemen memerlukan kecermatan dan ketelitian untuk dapat mengatur interiornya agar setiap ruang didalam unit tetap berfungsi maksimal namun tetap menarik dilihat. Sering luasan apartemen lebih kecil dibandingkan dengan landed house sehingga penataan barang harus menjadi perhatian. Menerima sinar matahari didalam apartemen juga tidak semudah menerima sinar matahari pada rumah tapak. Begitu juga dengan jumlah dan ukuran jendela pastilah terbatas. Untuk itu tak ada salahnya Anda mengatur kembali aksen interior, warna dan pencahayaan didalam apartemen. Permainan cahaya dan aksen interior untuk apartemen ini akan membuat ruangan di dalamnya tidak berkesan sempit.

Anda bisa memilih warna dinding yang netral seperti krem atau pastel. Untuk perabotnya bisa dipilih warna yang senada. Keselarasan warna ini akan membuat ruangan tampak lega. Ruangan kecil yang menggunakan terlalu banyak warna akan menimbulkan kesan berantakan. Warna krem dan pastel ini dapat menciptakan efek lebih luas untuk ruangan. Jika dinding apartemen Anda putih, pilihlah tirai yang juga senada. Sehingga menambah kesan pada ruangan apartemen terutama saat pagi hari matahari menembus jendela. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan jendela agar cahaya yang masuk tidak berkurang karena efek kaca jendela yang kotor. 

Cahaya natural atau cahaya buatan dapat Anda maksimalkan untuk menerangi ruangan apartemen. Cahaya sendiri terbagi menjadi 3 kategori, yaitu pencahayaan sesuai fungsi (task lighting), pencahayaan untuk aksen (accent lighting), dan pencahayaan untuk menambah suasana (mood lighting). Saat mengatur cahaya penting bagi Anda untuk mempertimbangkan aktivitas di dalam ruangan. Sebagai contoh jika Anda menggunakan ruangan khusus untuk bekerja, tentu butuh pencahayaan terang. Untuk kamar tidur Anda dapat meletakkan lampu di sisi belakang tempat tidur agar memberi kesan cahaya lembut dan temaram.

Memilih aksen interior untuk apartemen yang tidak terlalu luas, juga dibutuhkan kecermatan. Misal memilih pembatas ruangan atau partisi. Sebaiknya pilih partisi yang mudah dipindahkan seperti tirai atau folding screen. Memasang partisi tentu sangat berguna untuk menjaga ruang privasi Anda ketika ada yang berkunjung ke apartemen. Pilihlah furniture multifungsi, yakni furnitur yang bisa Anda manfaatkan untuk penyimpanan. Semisal menggunakan bawah sofa ruang tamu untuk storage. Atau membuat laci dibawah tempat tidur sebagai pengganti lemari penyimpanan pakainan. Hindari menggunakan furnitur warna gelap, pilih perabotan dengan warna-warna terang. 

 

Latest News