PAHAMI 5 HAL INI SEBELUM MENYEWAKAN RUMAH
22 July 2020

Kebutuhan masyarakat akan rumah tinggal juga selalu tinggi, namun tidak selalu mereka bisa membeli rumah sehingga harus menyewa. Kalau Anda memiliki aset rumah lebih dari satu, memang sebaiknya disewakan karena sangat menguntungkan dari sisi menambah penghasilan apalagi di masa seperti sekarang ini. Sebelum menyewakan rumah pahami 5 hal ini agar prosesnya aman, tepat dan sesuai aturan pemerintah.

TENTUKAN HARGA SEWA

Cari tahu pasaran sewa disekitar area rumah yang akan disewakan, jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu murah atau terlalu mahal. Menentukan harga yang pas tentunya mengacu pada luas bangunan dan tanah yang dimiliki, serta lokasi rumah itu apakah dipinggir jalan utama atau jauh masuk kedalam perkampungan.

SARING CALON PENYEWA

Tentukan terlebih dahulu siapa yang boleh menyewa rumah Anda, apakah pasutri dengan anak maksimal 2 orang, karyawan atau mahasiswa, apakah hanya laki-laki atau hanya perempuan. Selalu tanyakan identitas lengkap dan latar belakang calon penyewa. Jika sudah mengantongi data tadi semua keputusan kembali ke tangan Anda.

SURAT PERJANJIAN SEWA

Surat perjanjian sewa ini perlu dibuat agar kesepakatan tidak hanya lisan tapi tertulis. Ada hitam diatas putis. Dengan membuat surat perjanjian tentunya jika ada masalah hingga ke ranah hukum, surat ini bisa dijadikan bukti karena sah di mata hukum. Pastikan surat perjanjian ditandatangani diatas materai Rp 6 ribu.

PEMBAYARAN PAJAK 

Anda harus memperhatikan Pajak Penghasilan, dimana besarannya adalah 10% dari jumlah bruto nilai sewa properti. Hal ini diatur dalam SK Menkeu No.120/KMK.03/2002. Selain itu ada pula Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dibayarkan, apakah pemilik yang membayar atau penyewa ini semua berdasarkan kesepakatan yang harus dituangkan di surat perjanjian sewa.

KONDISI RUMAH

Pastikan kondisi rumah yang Anda sewakan tidak mengalami masalah, seperti bocor, saluran air mampet, listrik mati dll. Sementara untuk rumah yang memang lama tidak dihuni, sebaiknya lakukan pembersihan secara menyeluruh. Anda tentu tidak ingin calon penyewa merasa kecewa, memberikan pelayanan yang baik kepada calon penyewa tentu akan membuat mereka merasa dihargai. Apalagi ketika diawal menyewa sudah diberikan layanan yang baik, nantinya mereka merawat bangunan secara baik.




Latest News