PILIH RUMAH HADAP MANA ?
27 October 2020

Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari selalu melimpah sepanjang tahun, sehingga sudah seharusnya sinar ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Sumber cahaya alami semestinya menjadi faktor utama saat menyusun dan menata ruang. Demikian pula jika Anda membeli rumah, ada baiknya juga memperhatikan sudut arah hadap bangunan apakah menghadap barat, utara, selatan atau timur.

Untuk rumah yang menghadap ke barat, biasanya akan menjadi panas sekitar pukul 14.00 sampai matahari terbenam. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut marahari lebih condong ke arah barat sehingga sinar dan panasnya masuk ke dalam rumah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menanam lebih banyak pepohonan di bagian depan rumah. Rumah menghadap barat ini juga membuat interior rumah menjadi kurang sehat, Anda sebaiknya membuat pintu belakang yang bisa dibuka saat pagi hari. 

Rumah yang menghadap timur, saat pagi hari tentu akan mendapat sinar matahari langsung dan sangat menyehatkan. Namun saat siang hingga sore, rumah akan menjadi panas apalgi jika rumah ada di dataran rendah. Bangun kanopi pada bagian teras atau menanam tanaman agar rumah lebih dingin, sementara bagian utara rumah bisa dijadikan sebagai tempat jemuran. 

Bagi Anda yang menyukai rumah menghadap ke utara, pilihan ini memang terbilang paling menyehatkan. Di bagian teras rumah akan banyak mendapat pasokan sinar matahari. Sinar utara memberi kesan dingin dan lebih putih tidak heran jika sinar dari utara sering dimanfaatkan untuk pencahayaan ruang/ studio senin. Sisi rumah yang menghadap utara memang lebih teduh, sementara untuk menjemur pakaian bisa Anda tempatkan disisi timur atau barat bangunan karena akan terkena paparan cukup tinggi dari matahari. Perhatikan juga penempatan ventilasi dan jendela Anda supaya bagian dalam rumah mendapat paparan sinar yang cukup. Ada baiknya pula penempatan kamar utama seperti kamar tidur dan ruang keluarga di area timur supaya tetap mendapat sinar matahari pagi.

Sementara rumah yang menghadap ke selatan juga dianggap pilihan yang tepat karena arah selatan merupakan puncak matahari, puncak musim panas dan puncak hari. Sinar matahari yang lebih condong ke arah utara membuat bagian depan rumah khususnya teras menjadi lebih teduh. Sinar mentari pagi akan menerpa rumah bagian belakang sehingga cocok untuk area menjemur. Rumah juga memungkinkan mendapat sinar matahari secara menyeluruh sehingga kelembabannya sangat terjaga. 

Kalaupun arah hadap rumah tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, tentu Anda bisa mengatasinya dengan sekreatif mungkin dapat melalui jasa desain interior atau arsitek dan memperbanyak membaca referensi artikel terkait yang cocok disesuaikan dengan rumah Anda. 


Latest News