PILIH RUMAH KECIL PUSAT KOTA ATAU RUMAH BESAR PINGGIR KOTA?
16 November 2020

Lokasi adalah faktor penting yang dipertimbangkan ketika membeli rumah. Rumah dengan luas 100 m2 di daerah pinggir tentu akan berbeda secara harga dari rumah dengan luas sama di pusat kota. Jika Anda memiliki dana yang cukup dan dihadapkan pada pilihan rumah pusat kota atau rumah pinggir kota, mana yang akan dipilih?

Pilih rumah kecil di pusat kota jika kondisi Anda sbb :

  • Tinggal sendiri dan belum punya rencana menikah. Jika Anda masih single maka tak masalah memiliki hunian yang kecil. Hunian ukuran kecil akan memudahkan dalam mengatur dan membersihkan rumah.
  • Ingin menghemat uang transportasi. Ketika memiliki rumah di pusat kota artinya tak perlu mengeluarkan ongkos besar menuju tempat beraktivitas. Jatah uang transport bisa dimanfaatkan untuk tabungan.
  • Memiliki jadwal padat. Pertimbangkan jarak antara rumah dan kantor yang dekat, karena ini pasti menghemat waktu Anda. Hal ini menjadi sangat penting untuk Anda yang memiliki jadwal padat.
  • Membutuhkan aktivitas hiburan. Memiliki rumah di pusat kota akan memudahkan Anda untuk bepergian kemana-mana. Apalagi jika Anda mempunyai aktivitas yang harus sering ke mall pusat kota untuk melakukan Gym, meeting dengan klien di Cafe dan lain sebagainya.

Pilihlah rumah besar di pinggir kota jika kondisi Anda sbb:

  • Sudah berkeluarga atau berencana membangun keluarga. Jika sudah berencana berkeluarga dan memiliki anak, tentunya Anda menginginkan hunian yang nyaman untuk keluarga. Jika memilih hunian kecil tentu akan membuat kurang nyaman, apalagi jika memiliki anak lebih dari 1. Rumah yang cukup luas tentu akan menjadi prioritas Anda jika memang ingin membangun keluarga.
  • Ingin suasana rumah yang tenang dan nyaman. Suasana tengah kota pastilah padat, bukan hanya di area tempat  tinggal namun juga akses jalannya. Apabila menginginkan suasana rumah yang lebih tenang, nyaman dan belum begitu padat penduduknya maka pilihlah hunian di pinggir kota.
  • Ingin lingkungan yang sejuk dan asri. Memperoleh lingkungan yang masih sejuk dan asri memang sebaiknya ke arah pinggir kota. Pembangunan infrastruktur seringkali terfokus di pusat kota jadi tidak mengherankan udaranya cukup tinggi polusi.
  • Akses transportasi mudah atau sudah punya kendaraan sendiri. Pastikan untuk akses kendaraan menuju kantor tidaklah sulit apabila Anda memilih tinggal di pinggiran kota. Atau Anda sudah memiliki kendaraan pribadi, tentu akan lebih mempermudah mobilitas Anda


Latest News