SIZE DOESN'T MATTER
16 October 2019

Menata desain hunian berukuran kecil memang tergolong tidak mudah, mengingat tidak banyak area yang bisa dieksplorasi. Memaksimalkan tiap jengkal ruang yang tersedia adalah premis dasar yang bisa dijadikan pedoman dalam menata hunian mungil. Kali ini kami bagikan cara atau ide untuk menata hunian kecil supaya tetap terasa lega. Seperti apakah inspirasinya?

 
Buat Banyak Bukaan
Berikan banyak bukaan didalam sehingga kesan sempit, sumpek dan lembab tidak akan terjadi. Dengan bukaan yang terdapat didalam hunian kecil, sistem penghawaan sebuah hunian akan lebih maksimal dan sehat. Penempatan jendela berukuran besar pada ruang keluarga dapat menyalurkan udara secara optimal sekaligus dapat memberikan pencahayaan alami sehingga anggota keluarga bisa tetap merasa nyaman saat berkumpul. 


Gunakan Elemen Reflektif Pada Ruangan
Penataan cermin dan material reflektif pada hunian yang kecil bertujuan untuk memberikan efek ilusi pembesaran ruangan. Letakkan cermin berukuran besar dalam ruangan supaya bayangan ilusi yang dihasilkan lebih maksimal. Jika bujet terbatas tidak perlu membeli cermin besar, karena anda bisa menggunakan beberapa cermin bentuk heksagonal atau segi enam dan tempelkan di dinding.


Jangan Ragu Menggunakan Corak Ukuran Besar
Ada kesan bahwa dalam sebuah ruangan yang sempit corak berukuran besar tidak digunakan sebab dapat memberikan kesan ruangan menjadi semakin sempit. Namun di satu sisi penggunaan corak-corak berukuran besar itu juga bisa memberikan kesan hangat.


Berikan Statement Decoration
Dalam ruangan yang kecil atau sempit perlu adanya statement decoration yang berguna untuk memberikan satu aksen pada hunian. Jadi, dalam hunian yang berukuran kecil pun, tetap harus ada ornamen dekorasi yang memberikan aksen tegas pada hunian. Statement decoration itu bisa berasal dari perbedaan warna furnitur di suatu ruangan, atau permainan tabrak terkstur material. 


Atur Posisi Barang Secara Linear
Untuk membuat ruangan yang berukuran kecil menjadi terlihat lebih lega, trik lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur posisi barang secara linier sehingga dalam pandangan mata semuanya tampak lurus, seimbang dan selaras. 


Latest News