SULAP LAHAN KOSONG BIAR NAMBAH CUAN
02 March 2021

Memiliki lahan kosong / tanah tapi tidak dimanfaatkan sungguh disayangkan. Padahal lahan yang kosong tersebut dapat mendatangkan cuan jika dikelola dengan baik. Nah, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk lahan kosong, yakni:

  • Membangun Batas Lahan Yang Dimiliki. Sebaiknya lahan kosong segera diberikan pembatas yang jelas, karena hal ini berguna untuk menunjukkan secara akurat batas lahan yang kita miliki dan lahan yang dimiliki orang lain. Pembatas ini juga menunjukkan bahwa lahan itu masih diperlukan sehingga menghindari pemanfaatan liar oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Gunakan Sebagai Lahan Parkir. Jika lahan yang Anda miliki berada di lokasi yang sangat strategis, maka hal ini dapat jadi peluang untuk digunakan sebagai lahan parkir. Anda bisa menyewakan lahan kosong tadi ke penduduk setempat yang tidak punya lahan parkir. Misal lahan itu muat untuk 6 mobil dengan biaya Rp 250.000/bulan maka Anda akan mengantongi Rp1.5 Juta per bulannya. Kalau lahan lebih besar dan bisa ditempati sepuluh kendaraan atau lebih maka akan semakin banyak passive income yang diperoleh.
  • Jadikan Lahan Apotek Hidup. Obat dari bahan alami atau herbal sekarang ini semakin dicari karena khasiatnya. Memanfaatkan lahan kosong untuk menamam obat-obat herbal lalu menjualnya secara online sekarang ini sudah semakin diminati. Apalagi jika Anda sudah tau harus memasok ke perusahaan obat herbal yang memang sudah establish.
  • Lahan Budi Daya Ikan. Lahan kosong dapat dimanfaatkan untuk kolam budi daya ikan seperti lele, mujair, dan nila. Anda bisa menggandeng pihak yang sudah paham soal budidaya ini , jangan lupa lakukan pembagian yang proporsional dan adil sehingga sama-sama diuntungkan dan lahan kosong Anda menjadi produktif.
  • Jadikan Rumah Kos-Kosan. Apabila lahan Anda terletak di kawasan strategis yang berdekatan dengan kampus atau areal perkantoran, tentu lahan tersebut bisa dijadikan rumah kos-kosan. Rumah kos relatif lebih disukai karena harganya lebih murah dibandingkan apartemen. Memang fasilitas yang ditawarkan berbeda namun yang terpenting bisa dimanfaatkan untuk tidur, makan dan aktivitas sehari-hari. Anda sebagai pemilik kos juga bisa memanfaatkan usaha ini sebagai investasi jangka panjang, mengingat harga tanah cenderung naik dari tahun ke tahun.  

Latest News