TIPS AGAR TAK SALAH BELI RUMAH
30 July 2020

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat memutuskan membeli rumah. Apalagi rumah itu adalah rumah pertama. Pastilah ingin membeli rumah yang terbaik dan memberikan kenyamanan. Lokasi dan fasilitas menjadi pertimbangan, dan tentunya harga yang sesuai kantong. Tetapi terkadang ada beberapa hal yang membuat Anda kecewa atau pusing ketika rumah sudah dibeli. Ada baiknya Anda perhatikan Tips agar tak salah beli rumah sebagai berikut:

Membeli Tidak Sesuai Kemampuan Finansial

Ketika membeli rumah bisa jadi Anda tergiur dengan berbagai penawaran dari developer. Tapi ingatlah kondisi keuangan dan kemampuan Anda membayar cicilan. Karena kalau membeli diluar kemampuan finansial akan membuat hidup tidak tenang. Selalu dikejar-kejar cicilan yang membuat tidak bisa membayar rutin. Jadi sebaiknya beli rumah dengan harga yang wajar dan sesuai kemampuan.

Tergesa Ambil Keputusan

Ada masa-masa permintaan akan rumah sangat tinggi, namun ketersediaan minim. Biasanya muncul rasa khawatir tidak segera mendapat rumah yang sudah diidamkan.  Akhirnya terabaikan hal-hal kecil saat mendapatkan tawaran promo rumah, tanpa membuat penawaran balik. Promosi yang menarik dari Developer juga dapat membuat kita akhirnya tergesa-gesa mengambil keputusan. Padahal keputusan membeli rumah tidak sama dengan membeli minuman. Sebaiknya diskusikan dengan pasangan atau orang yang lebih paham tentang properti.

Tidak Memperhatikan Biaya Tambahan

Saat melakukan pembelian properti ada sejumlah biaya yang harus ditanggung oleh pembeli. Misal ada biaya administrasi saat melakukan pembayaran KPR, biaya asuransi. Ada juga biaya appraisal, biaya notaris , pajak properti, biaya BPHTB, dsb. Jika Anda memanfaatkan jasa agen properti seperti GALAXY, maka harus dipahami bahwa Anda harus menyiapkan dana khusus untuk komisi penjualan, besarnya pun beragam tergantung kesepakatan. 

Lingkungan Sekitar Perumahan

Saat memiliih rumah pastikan bahwa lokasi perumahan tersebut bebas dari banjir. Anda tentu tidak mau rumah ada berada di lokasi rawan banjir walaupun hujan hanya sesaat. Perhatikan pula fasilitas pendukung di sekitar lokasi perumahan, apakah dekat dengan rumah sakit, supermarket, bank/atm, dll. Cari tahu lebih dalam juga tentang kondisi lingkungan dari sisi keamanannya.


Latest News