UNTUNGNYA BELI PROPERTI SEBELUM MENIKAH
07 October 2020

Membeli rumah saat belum menikah dan setelah menikah memang semua keputusannya ada di tangan Anda. Jadi pertimbangkan segala hal agar Anda tidak salah langkah. Meskipun banyak yang memilih membeli rumah setelah menikah dan memilih menyewa atau tinggal di kos, tak ada salahnya Anda pikirkan segala keuntungan membeli properti sebelum menikah. Keuntungannya antara lain :

1. Tidak Ada Yang Tahun Kapan Pastinya Akan Menikah. Rezeki, jodoh dan kematian tidak ada yang tahu karena semua ada ditangan Tuhan. Meski kita merencanakan pernikahan, atau menargetkan akan menikah di usia tertentu namun tidak semua bisa sesuai target. Dengan adanya ketidakpastian ini sebaiknya Anda merencanakan keuangan sejak dini untuk membeli rumah. Mulailah menyisishkan dana dari gaji bulanan untuk uang muka dan sisanya bisa dengan mengajukan KPR ke bank. Pihak bank biasanya lebih tertarik untuk memberikan cicilan pada nasabah muda karena resiko lebih kecil, harapan hidup yang lebih panjang dan kemampuan mencari uang yang lebih baik. Cicilan dengan jangka waktu yang panjang tentu membuat nilai cicilan semakin rendah. Jika saat ini Anda berusia 25 tahun dan mencicil 20 tahun maka di usia 45 tahun Anda sudah memiliki aset properti sendiri. Menarik kan?

2. Menyewa Sama Mahalnya Dengan Cicilan Rumah. Biasanya harga sewa rumah terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya harganya hampir sama dengan cicilan rumah. Jika menghabiskan uang 40 Juta untuk menyewa rumah, alangkah lebih baiknya digunakan untuk uang muka rumah. Anda tentu harus mempertimbangkan pula kemampuan finansial saat membeli rumah. Alokasi cicilan rumah Anda nantinya paling tidak 30% dari total penghasilan. Dengan memiliki rumah sendiri anda tentu lebih bebas, daripada harus menyewa kamar atau rumah yang bukan milik sendiri.

3. Anda Bisa Jadikan Rumah Sebagai Investasi. Apabila suatu saat setelah membeli rumah yang masih KPR lalu anda harus pindah ke luar kota, tentu rumah yang Anda beli tidak akan sia-sia. Rumah tersebut bisa disewakan, sehingga uang nya bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah. Bila KPR telah usai, rumah tersebut bisa menjadi investasi. Entah dijual dengan harga yang lebih tinggi atau Anda gunakan untuk hari tua. 

4. Tidak Perlu Beli Rumah Yang Besar. Apabila tidak membeli rumah sekarang, harga rumah akan terus naik. Untuk yang masih single, Anda bisa membeli rumah dengan tipe 39, 45 atau 55 yang memiliki dua kamar tidur. Harga rumah kecil masih terjangkau karena harganya cukup murah. Jika suatu saat Anda memiliki dana lebih bisa melakukan renovasi sehingga dapat menaikkan harga jual rumahnya saat ingin menjualnya.

Untuk mengetahui rumah-rumah tipe kecil yang terjangkau bagi Anda, hubungi langsung property consultant dari Galaxy. Saat ini banyak developer yang menawarkan rumah dengan tipe kecil dan banyak pula Bank yang menawarkan produk KPR. 

Latest News