WASPADAI DEVELOPER BODONG !!
03 December 2020

Penipuan rumah murah yang sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia, kasus penipuan rumah juga kian marak, harus menjadi catatan untuk Anda yang sedang mencari hunian agar berhati-hati. Agar terhindar dari penipuan perumahan, simak ciri-ciri developer yang bodong:
  • Penjelasan Brosur dan Costumer Service Berbeda. Setelah diberikan brosur oleh developer, sebaiknya uji kejelasan developer dengan menelpon bagian costumer service atau front linenya. Keberadaan costumer service ini seharusnya mempermudah konsumen dalam memahami detail rumah, bukan justru mempersulitnya. Jika developer benar, maka akan dijabarkan detail rumah dan keperluan lain sejelas-jelasnya. Jika tidak sesuai antara yang di brosur dengan pihak costumer service, maka Anda patut untuk curiga dengan kredibilitas dari developer.
  • Mematok Harga Miring Tak Masuk Akal. Penawaran harga dari developer yang kelewat miring harus diragukan. Siapa sih yang tak tergiur harga hunian miring, namun ingatlah semua berawal dari promosi harga yang terlalu miring padahal harga properti terus melonjak tiap tahun.
  • Kredibilitas Dan Perizinan Yang Meragukan. Anda berhak mencari tahu IMB serta kredibilitas developer sebagai seorang konsumen. Jika perizinan dan rekam jejaknya bagus, maka kredibilitas developer tidak perlu diragukan. Anda dapat memeriksa area tanah yang akan jadi lokasi perumahan dengan cara memeriksa sertifikat induk, bisa dengan mengecek langsung ke kantor pertanahan.
  • Tidak Ada Kejelasan Kapan Rumah Selesai Dibangun. Developer yang kredibel akan memiliki kalender konstruksi yang baik dan jelas. Mereka memiliki modal yang cukup untuk menyelesaikan proyek dalam waktu yang terukur. Dalam peluncuran proyek perumahan, pihak developerpun akan mengumumkan rencana serah terima, berapa unit yang dipasarkan, proyek apa saja yang pernah ditangani, bahkan surat tanah pun ditampilkan.
  • Pastikan Memiliki Rumah Contoh. Ketika membeli rumah dengan sistem inden, pastikan pengembang memiliki rumah contoh. Karena rumah contoh ini merupakan gambaran dari rumah yang akan dibangun nanti. Setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran hasil jadi terutama untuk melihat kualitas bangunan rumah tersebut.


Anda juga bisa mengecek legalitas developer melalui Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) yang disediakan oleh Kementerian PUPR. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui online www.sireng.pu.go.id dimana Anda harus menyiapkan informasi NPWP, Nama atau ID Pengembang. Nantinya SIRENG akan menampilkan data pengembang yang berisi nama, asosiasi, alamat dan status. Saat data ditampilkan sering dijumpai keterangan belum terdaftar atau tidak aktif, disanalah Anda bisa menghubungi asosiasi pengembang dalam hal ini REI (Real Estate Indonesia). Asosiasi juga biasanya akan memberikan bantuan jika kedepannya Anda terlibat masalah dengan pengembang.


   


Latest News